Ini Penyebab Gagal Ginjal di Usia Muda, Simak!

0
151

Indonesiapos.News – Penyakit gagal ginjal bisa menyerang siapa saja termasuk kalangan muda. Gagal ginjal merupakan kondisi yang menyebabkan tidak berfungsinya salah satu atau kedua ginjal.

Kondisi ini bisa berkembang secara perlahan (kronis) atau berkembang secara tiba-tiba atau menjadi akut. Untuk itu, penting menghindari kebiasaan yang dapat membahayakan kesehatan ginjal.

Ada tiga penyebab utama yang bisa meningkatkan risiko gagal ginjal kronis, yakni tekanan darah tinggi, diabetes, dan kolesterol tinggi.

Sementara itu, merokok, obesitas, dan sering menggunakan obat anti-inflamasi yang dijual bebas, seperti ibuprofen atau naproxen, memperburuk fungsi ginjal dari waktu ke waktu.

“Hampir 40% dari semua kasus penyakit ginjal kronis disebabkan oleh diabetes yang tidak terkontrol; 10-15% lainnya disebabkan oleh hipertensi yang tidak terkontrol,” kata Dr Vijay Kher, ketua Fortis Escorts Kidney and Urology Institute, Jumat (1 Maret 2024).

Ketika kehidupan menjadi lebih sibuk, banyak orang malas bergerak dan lebih rentan stress. Akibatnya, kasus hipertensi dan tekanan darah tinggi meningkat dan ini bisa berbahaya bagi ginjal.

Bahkan infeksi saluran kemih (ISK) atau batu ginjal yang tidak diobati dapat menyebabkan gagal ginjal dini.

Kebanyakan orang dapat mencegah penyakit ginjal dengan mengikuti kebiasaan gaya hidup sehat, seperti makan makanan rendah sodium, berolahraga ringan, tidak merokok, dan meminimalkan asupan alkohol.

Jika Anda memiliki tekanan darah tinggi, diabetes, kolesterol tinggi, atau penyakit jantung, lakukan pemeriksaan ginjal setahun sekali. (cr)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here