Jayandaru Youth Night Paradise 2023 Ajang Generasi Muda Sidoarjo Asah Bakat, Talenta dan Ekspos Karya Seni Lokal Wisdom

0
104


Sidoarjo, IP.News – Jayandaru Youth Night Paradise 2023 berlangsung meriah malam kemarin, Sabtu (4/3) malam. Kegiatan yang dilakukan di depan monumen Jayandaru Alun-alun Sidoarjo itu dihadiri ribuan orang. Berbagai kegiatan ada didalamnya. Seperti lomba desain motif batik, designer hunt competition, painting competition serta lomba jingle dan lomba cipta tari khas Sidoarjo. Tak kalah menariknya Juga terdapat penampilan fashion show batik Sidoarjo serta pemeran produk-produk UMKM Sidoarjo dari 80 stand yang berjejer di jalan A. Yani depan Alun-alun Sidoarjo. Selain itu pada awarding Jayandaru Youth Nigh Paradise 2023 itu juga menampilkan performance Donni Sibarani mantan vokalis Ada Band serta artis musik Soraya Ghyna.

Jayandaru Youth Night Paradise 2023 malam kemarin benar-benar menjadi wadah generasi muda Sidoarjo untuk mengasah talenta, bakat serta ajang mengekspos karya-karya seni. Kegiatan itu untuk menjaring telenta potensial dan bakat pemuda-pemudi Sidoarjo. Karya-karya generasi muda untuk mengangkat local wisdom Sidoarjo disektor industri kreatif juga menjadi salah satu tujuan kegiatan akbar itu digelar. Tidak tanggung-tanggung, Dekranasda Kabupaten Sidoarjo sebagai penyelenggara kegiatan mengundang perancang busana ternama sebagai juri designer hunt competition. Yakni Itang Yunazs serta Gita Rolin.

Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor Ali yang hadir pada kegiatan itu memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya atas penyelenggaraan Jayandaru Youth Night Paradise 2023 seperti ini. Pasalnya mampu membangkitkan sektor industri kreatif di Kabupaten Sidoarjo. Namun menurutnya yang paling menarik dari kegiatan kali ini adalah industri kreatif yang ditampilkan mengangkat local wisdom Kabupaten Sidoarjo. Tradisi, sejarah serta ciri khas Sidoarjo dapat diangkat melalui karya-karya generasi muda Sidoarjo.

“Menariknya adalah industri kreatif yang dibangun dalam kegiatan kali ini menggabungkan local wisdom Sidoarjo. Ini akan mampu mengangkat budaya Sidoarjo yang akan selalu relevan dengan jaman karena menurut saya tidak ada local wisdom itu ketinggalan jaman, tinggal pengelolanya saja mampu apa tidak membawakan dan mempromosikannya dengan baik,”ucapnya.

Bupati Sidoarjo yang akrab dipanggil Gus Muhdlor itu mengatakan potensi generasi muda membangkitkan industri kreatif di Sidoarjo sangat tinggi. Seperti yang terlihat dalam lomba desainer yang diikuti pemuda-pemudi Sidoarjo. Mereka mampu menampilkan karya-karya apiknya dengan mengangkat local wisdom Sidoarjo. Ia yakin dengan menggabungkan local wisdom Sidoarjo, sektor industri kreatif Sidoarjo akan semakin maju dan berkembang. Oleh karenanya ia berharap kegiatan seperti ini dapat terus terlaksana.

“Momentum kali ini adalah momentum yang harus kita jaga untuk menjaga ekosistem industri kreatif sekaligus melindungi local wisdom Kabupaten Sidoarjo yang kemudian local wisdom dikemas dengan baik, dimasukkan pada otak-otak kreatif pemuda-pemuda kita, ini sesuai dengan RPJMD Kabupaten Sidoarjo 2021-2026 terkait dengan youth center, makanya kegiatan kali ini namanya youth nigh paradise,”ucapnya.

Melalui kegiatan tersebut Gus Muhdlor juga berharap produk-produk UMKM Sidoarjo dapat semakin dikenal luas. Semua pihak diminta bersama-sama melakukannya. Salah satunya lewat generasi muda Sidoarjo yang ia yakini mampu membangkitkan produk UMKM Sidoarjo. Untuk itu ia meminta semua bangkit untuk memajukan UMKM Sidoarjo. Tidak hanya dengan menciptakan produk UMKM khas Sidoarjo namun juga memakai produk-produknya sendiri.

“Harapannya dengan peran semua pihak, bergerak bersama-sama akan mampu membangkitkan UMKM-UMKM Sidoarjo yang ada, kuncinya jangan inferior, harus berani berdaya saing dengan daerah-daerah lainnya, kita mampu kok, seperti desainer-desainer muda Sidoarjo yang mampu menunjukkan bakatnya lewat ajang kali ini, dan bukan tidak mungkin Bandung yang saat ini dikenal sebagai kota fesyen akan bergeser ke Kabupaten Sidoarjo,”sampainya.

Sementara itu Ketua Dekranasda Sidoarjo Sa’adah Ahmad Muhdlor mengatakan Jayandaru Youth Nigh Paradise 2023 diselenggarakan untuk merayakan Hari Jadi Kabupaten Sidoarjo yang ke 164 sekaligus HUT Dekranasda yang ke 43 tahun 2023. Lewat kegiatan tersebut ia mengajak anak-anak muda Sidoarjo untuk melestarikan local wisdom Sidoarjo melalui kompetisi. Salah satunya kompetisi pencarian bakat perancang busana. Ada juga lomba cipta tari khas Sidoarjo serta lomba desain motif batik Sidoarjo. Semuanya itu diharapkannya mampu membangkitkan kecintaan generasi muda terhadap local wisdom yang dimilikinya.

“Lomba-lomba ini kami harapkan dapat menjadi wadah anak-anak muda Sidoarjo kita lebih mencintai sejarah budaya yang diwariskan leluhur kita,”sampainya.

Dalam event lomba design hunt kali ini yang menang juara 1 Fiska Alycia Meifita berhak mendapat trophy dan hadiah uang tunai Rp. 10 juta, kemudian juara 2 disabet Erliana Lestyawati berhak mendapat trophy dan uang tunai Rp. 7 juta, dan pemenang ke 3 yakni Nani Rimayatin Nuha juga mendapat trophy dan uang tunai sebesar Rp. 5 juta. Penghargaan diserahkan langsung oleh para dewan juri.

Kegiatan ini juga dihadiri pejabat forkopimda Sidoarjo beserta istri dan para istri kepala daerah dari Surabaya raya. Diantaranya, Sofiah Rahma Al-Barra Istri Wakil Bupati Mojokerto, Rini Indriyani Eri Cahyadi Istri Wali Kota Surabaya, Nurul Haromaini Fandi Akhmad Yani (Ning Nurul) Istri Bupati Gresik. Kemudian istri Wali Kota Probolinggo Aminah Hadi dan Istri Bupati Madiun Pentalianawati Ahmad serta istri Bupati Bangkalan Zaenab Zuraidah. (Met/Han).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here