Kenali Penyebab Gigi Ngilu secara Umum

0
165

IP.News : Gigi ngilu adalah kondisi yang sering muncul tiba-tiba, terutama saat mengonsumsi makanan dan minuman tertentu. Hal ini tentunya dapat membuat anda merasa tidak nyaman. 

Oleh karena itu, anda perlu mengetahui penyebab gigi ngilu. Sebab, gigi ngilu bisa terjadi karena berbagai hal, berikut ini beberapa penyebab umumnya:

1. Gigi Sensitif

Gigi sensitif akan memunculkan sensasi rasa ngilu dan nyeri pada gigi. Nah, rasa ngilu ini terjadi sebagai respons terhadap sejumlah kondisi. 

Contohnya, setelah makan atau minum makanan yang terlalu panas atau dingin. Hal ini dapat berlangsung sementara atau jangka panjang, serta pada satu gigi atau pada beberapa gigi secara bersamaan. 

Gigi sensitif dapat terjadi ketika menipisnya enamel gigi atau terbukanya akar gigi. Rasa tidak nyaman pada gigi juga bisa terjadi karena gigi retak, gigi berlubang, atau prosedur medis pada gigi.

2. Gangguan pada Gusi

Gigi ngilu juga bisa menandai adanya gangguan pada gusi. Gangguan pada gusi ini bisa dipicu berbagai hal. Mulai dari perawatan gigi yang kurang baik, penumpukan karang gigi, terlalu keras menyikat gigi, hingga kebiasaan merokok atau mengonsumsi alkohol.

Radang gusi merupakan salah satu gangguan pada gusi yang umum terjadi. Kondisi ini terjadi karena lapisan plak atau bakteri yang menumpuk di gigi.

Bila tidak teratasi, radang gusi dapat berkembang menjadi periodontitis. Kondisi ini dapat akan menyebabkan dampak yang lebih serius hingga terjadinya kehilangan gigi.

3. Abses Periapikal

Selain dua hal tadi, abses periapikal tau abses gigi juga bisa menyebabkan gigi terasa ngilu. Abses gigi merupakan kondisi ketika terdapat kumpulan nanah di pangkal gigi yang disebabkan oleh infeksi bakteri. 

4. Gigi Berlubang

Masalah ini bisa menimbulkan beragam gejala, salah satunya membuat gigi terasa ngilu. Gigi berlubang bisa disebabkan berbagai hal, tetapi umumnya terjadi akibat bakteri atau kuman yang menggerogoti gigi. 

Jangan main-main dengan gigi berlubang, sebab masalah ini bisa menimbulkan nyeri atau sakit yang mungkin tidak tertahankan. Pada beberapa kasus, gigi berlubang bisa menimbulkan komplikasi, mulai dari infeksi gigi, abses gigi, sepsis, hingga gigi tanggal. 

5. Gigi yang Retak

Timbulnya rasa ngilu pada gigi bisa terjadi karena gigi yang retak. Gigi retak bisa disebabkan karena mengunyah makanan yang terlampau keras.

Selain itu, benturan atau pukulan, dan usia yang makin bertambah. Hal itu juga dapat memicu gigi retak menjadi retak. 

6. Tambalan Gigi Rusak atau Longgar

Kondisi ini juga bisa terjadi karena tambalan gigi yang rusak atau longgar. Tambalan yang sudah longgar bisa memengaruhi akar gigi, sehingga menyebabkan gigi terasa ngilu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here