Kenali Tanda Awal Gangguan Ginjal

0
193

IP.News : Gangguan pada ginjal merupakan suatu kondisi medis yang umum terjadi dan banyak dialami oleh banyak orang. Hanya saja, para pengidap penyakit ginjal sering tidak merasakan adanya gejala.

Sampai akhirnya penyakit tersebut sudah mencapai tahap yang parah, seperti gagal ginjal. Karena itulah, penyakit ginjal sering disebut sebagai “silent killer“.

Lalu apa saja ciri-ciri penyakit ginjal stadium awal?. Ciri-ciri penyakit ginjal pada stadium awal mungkin tidak terlalu jelas atau spesifik. 

Namun, ada beberapa tanda yang perlu kamu perhatikan. Berikut beberapa ciri-ciri yang mungkin muncul pada tahap awal penyakit ginjal yang dirangkum dari berbagai sumber diantaranya: 

1. Lebih mudah lelah, kurang berenergi, atau sulit berkonsentrasi

Ginjal berfungsi untuk menyaring limbah dari darah dan mengeluarkannya melalui urine. Ketika Anda mengalami gangguan ginjal, racun bisa menumpuk. 

Akibatnya, anda mungkin akan merasa lelah, lemah, atau sulit berkonsentrasi. Selain itu, ginjal juga membuat hormon yang memberi tahu tubuh untuk membuat sel darah merah. 

Itulah mengapa salah satu komplikasi penyakit ginjal adalah anemia. Hal itu karena tubuh jadi tidak bisa menghasilkan sel darah merah secara optimal, dan itu juga bisa menyebabkan kelelahan dan kelemahan.

2. Sulit tidur

Penumpukan racun dalam darah akibat penurunan fungsi penyaringan ginjal yang tidak optimal juga dapat mengganggu tidur. Penelitian menunjukkan adanya kemungkinan hubungan antara sleep apnea dan penyakit ginjal kronis. 

Kondisi ini seiring waktu dapat merusak ginjal dan menyebabkan gagal ginjal. Sebab, sleep apnea dapat merusak ginjal dengan menghambat pasokan oksigen yang cukup ke tubuh. 

Selain itu, penyakit gagal ginjal kronis dapat menyebabkan sleep apnea. Hal itu karena memicu penyempitan saluran napas, penumpukan racun dalam tubuh, dan mekanisme lainnya.

3. Kulit menjadi kering dan gatal

Gejala ini dapat muncul ketika ginjal tidak dapat mengeluarkan racun secara efektif sehingga racun tersebut menumpuk dalam darah. Kondisi ini dapat menyebabkan munculnya ruam atau rasa gatal pada seluruh tubuh. 

Seiring berjalannya waktu, ginjal juga mungkin tidak dapat menjaga keseimbangan mineral dan nutrisi dalam tubuh. Dampaknya, pengidapnya dapat mengalami gangguan kesehatan terkait mineral dan tulang, yang juga dapat menyebabkan kulit menjadi kering dan gatal.

4. Wajah dan kaki bengkak

Apabila ginjal tidak mampu mengeluarkan natrium secara efektif, cairan akan menumpuk di dalam tubuh. Keadaan ini dapat menyebabkan pembengkakan pada tangan, kaki, pergelangan kaki, betis, atau wajah. 

Pengidapnya mungkin juga akan mengalami pembengkakan terutama pada kaki dan pergelangan kaki. Selain itu, keberadaan protein dalam urine dapat menyebabkan pembengkakan pada sekitar area mata.

5. Kram otot

Kram di kaki dan di tempat lain juga bisa menjadi tanda awal gangguan ginjal. Hal itu terjadi karena ketidakseimbangan kadar natrium, kalsium, kalium, atau elektrolit lain bisa mengganggu kerja otot dan saraf.

6. Sesak napas

Ketika ginjal mengalami masalah, organ tersebut tidak bisa menghasilkan cukup hormon yang disebut erythropoietin. Hormon tersebut memberi sinyal pada tubuh untuk membuat sel darah merah. 

Tanpanya, kamu bisa terkena anemia dan merasa sesak napas. Penyebab sesak napas lainnya adalah penumpukan cairan pada dada. 

Hal itu mungkin bisa membuat kamu kesulitan mengatur napas. Dalam kasus yang serius, berbaring bisa membuat kamu merasa seperti tenggelam.

7. Sakit punggung bagian bawah

Nyeri di punggung, samping, atau di bawah tulang rusuk bisa menjadi tanda awal gangguan ginjal. Begitu juga dengan nyeri perut bagian bawah bisa dikaitkan dengan infeksi kandung kemih atau batu di ureter. (cr)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here