Kick off Lomba RT se Kabupaten Sidoarjo Sebagai Gerakan Moral

0
118

Sidoarjo, IP.News Sosialisasi lomba Rukun Tetangga (RT) se-Kabupaten Sidoarjo digelar Sabtu malam (27/1), di Indoor GOR Sidoarjo. Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Sidoarjo selaku leading sectornya. Sosialisasi atau kick off lomba RT ini dipandu langsung oleh Asisten Administrasi Pemerintahan dan Kesra, M. Ainur Rahman, AP., MSi.

Turut hadir PJ.Sekda, Kepala PMD, Kepala Dinas Kominfo dan direktur BPR Delta Artha Kabupaten Sidoarjo

Menurut Ainur pelaksanaan lomba ini untuk menjembatani kemandirian RT menjadi kenyataan. Dimana lomba ini sebagai gerakan moral, gerakan sosial. Tujuannya pertama, untuk mendorong partisipasi swadaya dan gotong royong masyarkat dalam rangka mempercepat tujuan pembangunan kabupaten Sidoarjo.Kedua mendorong masyarakat melestarikan budaya kegotong royongan dan kekeluargaan.

“Time linenya lomba mulai Desember 2023 dan januari 2024 ini persiapan lomba. Desember lalu sudah, dilaunching untuk 3 lomba RT, dan pada malam ini, kita launching semua lomba yakni ada 5 lomba. Untuk pelaksanaan lomba mulai 1 Februari – April. Untuk penilaian tingkat desa di bulan Mei,” jelasnya.

Jenis lombanya, RT Jimpitan, RT Sehat, RT Asri, RT Budaya, RT mandiri. Mekanisme pelaksanaan lomba, desa/ keluraha? dari seluruh RT dibentuk panitia terdiri dari 3 orang dari dengan SK Kepala Desa/ Kelurahan. Penilaiannya du bulan Mei.

Di kecamatan juga ada tim penilai dari unsur puskesmas, PKK dan kecamatan, penilaiannya juga dilakukan di bulan Mei. Untuk penilaian di tingkat Kabupaten dilaksanakan di bulan Juni.

“Ingat ini bukan hanya sekedar lomba untuk mendapatkan hadiah, namun sebagai gerakan moral menjadikan RT hebat, mandiri, dan dalam pelaksanaan tugasnya penuh keikhlasan,” pesannya.

Lebih lanjut, ia memaparkan mengenai indikator penilaian untuk lomba RT Jimpitan yang harus di perhatikan mengenai pelaksanaannya, metode, partisipasi dan kemanfaatannya.

Indikator penilaian untuk RT sehat, untuk kesehatan lingkungan dan masyarakat, bagaimana pengelolaan sampah, jamban sehat, penghijauan, posyandu, makanan tambahan, sampai pada kesehatan ibu dan anak.

RT Mandiri, dinilai dari bagaimana penguatan kemandirian masyarakat, dan pemberdayaan ekonomi

RT Asri, indikator penilaiannya kebersihan dan keindahan lingkungan serta perlindungan/ pemeliharaannya. RT Budaya indikator penilaiannya, pengelolaan kesenian di daerah dan pengelolaan organisasi sosialnya, dan pos kamlingnya.

Hadiah yang disediakan sangat fantastis, untuk juara I sebesar Rp. 300 juta untuk 5 kategori lomba, juara 2 Rp. 85 juta dan juara 3 Rp. 53 juta. Untuk juara harapan 1 – 7 masing – masing 5 juta.

lomba ini sifatnya gerakan sosial ketika lomba berakhir harapannya kegiatan terus berjalan, terutama untuk jimpitan.

Pada kesempatan tersebut diserahkan juga secara simbolis insentif untuk RT dan RW oleh Pj.Sekretaris Daerah Sidoarjo Andjar Surjadianto.(cak met)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here