Launching Buku Kajian Sejarah Lumajang Dari Pra Aksara Hingga Awal Kemerdekaan

0
28

Lumajang, IP.News – Pemaparan hasil kajian dan Launching Buku Kajian Sejarah Lumajang diapresiasi Bupati Lumajang Thoriqul Haq (Cak Thoriq) yang bertempat di Pendopo Arya Wiraraja, selasa (21/6/22)

Menurutnya, dengan adanya buku tersebut banyak masyarakat yang akan mengetahui napak tilas tentang Sejarah Lumajang.

“Ini sangat menarik dimana nilai sejarah itu dinamik dan bagus,” ungkap dia saat mengikuti acara Ekspose dan Launching Buku Kajian Sejarah Lumajang melalui saluran video converence.

Cak Thoriq mengharapkan, dengan hadirnya buku tersebut, masyarakat, khususnya di Lumajang bisa menikmati dan membaca supaya pengetahuan dan wawasan tentang Sejarah Lumajang terdahulu bertambah, serta bisa menjawab semua opini atau asumsi terkait Sejarah Lumajang yang diketahui selama ini.

Sementara itu, Wakil Bupati Lumajang Indah Amperawati (Bunda Indah) mengungkapkan, bahwa dirinya berkeinginan agar nantinya ada rangkuman dari buku sejarah Lumajang dan dikemas semenarik mungkin, sehingga anak-anak sekolah dapat tertarik untuk membaca buku itu, dan otomatis akan mengenal tentang sejarah lumajang.

Saya ingin buku ini diringkas 10 sampai 15 halaman, dengan gambar yang menarik juga dan nanti ditambahkan sebagai kurikullum lokal diseluruh Kabupaten Lumajang ini,” ungkapnya dalam acara Ekspose dan Launching Buku Kajian Sejarah Lumajang.

Dirinya juga berharap, dengan digelarnya acara kajian tersebut dapat membuka pengetahuan masyarakat terkait sejarah Lumajang, dengan pembuktian sejarah yang sudah diteliti dan dianalisa sebelumnya.

Mudah-mudahan hasil kajian ini dapat bermanfaat untuk masyarakat Kabupaten Lumajang,” harapnya.

Sementara, Kepala Bapeda Lumajang Retno Wulanandari menjelaskan, bahwa tujuan pelaksanaan acara tersebut, yakni pemaparan hasil kajian dan Launching Buku Kajian Sejarah Lumajang Dari Pra Aksara Hingga Awal Kemerdekaan, dengan narasumber dari Departemen Sejarah Fakultas Ilmu Budaya UGM. (N)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here