Lembaga UKW UPN Veteran Yogyakarta Menguji Kompetensi Wartawan di Denpasar Bali

0
34

DENPASAR, IP.News – Tiga penguji LU (Lembaga Uji) UKW (Uji Kompetensi Wartawan) UPN (Universitas Pembangunan Nasional) Veteran Yogyakarta menguji kompetensi wartawan di Hotel Kuta Paradiso Denpasar Bali, 17-18 Mei 2024. Kegiatan UKW yang difasilitasi Dewan Pers itu dibuka anggota Dewan Pers Paulus Tri Agung Kristanto.

Ketiga penguji LU UPN Veteran Yogyakarta tersebut adalah Dr Susilastuti DN, M.Si yang juga Direktur LU UKW UPN Veteran Yogyakarta, Dr Agung Prabowo M.Si dan Saibansah Dardani S.Ag.

Kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas mutu wartawan ini diikuti oleh 113 peserta. Mereka adalah wartawan media online, cetak, televisi dan radio yang berasal Bali dan kota-kota lain di Indonesia.

Selain LU UPN Veteran Yogyakarta, Dewan Pers juga memberi kepercayaan kepada 5 LU UKW lainnya. Yaitu, Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI), Kompas, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), Universitas Prof. Dr Moestopo dan London School of Public Relations (LSPR).

Anggota Dewan Pers Paulus Tri Agung Kristanto mengatakan, UKW merupakan amanat dari Undang-Undang 40 tahun 1999 tentang Pers, dengan maksud meningkatkan kapasitas kompetensi wartawan untuk mewujudkan jurnalisme yang berkualitas.

“Kalau medianya baik, medianya bisa mendukung terwujudnya kemajuan masyarakat, maka masyarakatnya maju, masyarakatnya sejahtera,” ujar pria yang akrab di sapa Tra itu.

Tra yang juga wartawan Harian Kompas itu menambahkan, Bali adalah salah satu dari 29 Provinsi di Indonesia yang menjadi tempat penyelenggaraan UKW tahun 2024. Dan UKW di Bali ini rekor peserta UKW terbanyak ketiga di Indonesia.

Rekor pertama UKW di Jakarta yang diikuti oleh 170 orang wartawan, kedua UKW di Surabaya yang diikuti 130-an orang wartawan dan yang ketiga di Denpasar Bali ini. “Tahun ini, Dewan Pers memiliki target mencetak sekitar 1500 wartawan di seluruh Indonesia,” ungkapnya.

Berdasarkan data Dewan Pers, lanjut Tra, saat ini terdapat sekitar 28 ribu wartawan telah memiliki sertifikasi di seluruh Indonesia. “Saya sangat senang antusiasme wartawan, perwarta dan jurnalis di Bali yang ikut uji kompetensi,” tegasnya.

Sementara itu, dari LU UKW UPN Veteran Yogyakarta Dr Susilastuti DN, M.Si mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi kepada Dewan Pers atas kepercayaan yang diberikan kepada lembaganya. Apresiasi yang sama juga disampaikannya untuk para wartawan yang telah mengikuti seluruh rangkaian UKW dengan sungguh-sungguh dan serius.

“Saya juga mengapresiasi kepada para wartawan yang telah mengikuti dua hari rangkaian UKW di Denpasar Bali ini, semuanya telah menunjukkan keseriusannya,” ujar anggota Dewan Redaksi J5NEWSROOM.COM yang kerap disapa Susi itu.

Setelah menguji di Denpasar Bali, LU UKW UPN Veteran Yogyakarta juga akan menggelar UKW fasilitasi Dewan Pers di empat provinsi lain. Yaitu:

  1. Sulawesi Selatan akan digelar tanggal 30 sd 31 Mei 2024 dan Pra-UKW tanggal 27 Mei 2024.
  2. Bangka Belitung akan digelar tanggal 14 sd 15 Juni 2024 dan Pra-UKW tanggal 6 Juni 2024.
  3. Sumatera Selatan akan digelar tanggal 5 sd 6 Juli 2024 dan Pra-UKW tanggal 26 Juni 2024.
  4. Kepulauan Riau akan digelar tanggal 9 sd 10 Agustus 2024 dan Pra-UKW tanggal 1 Agustus 2024

Bagi wartawan yang berminat untuk mengikuti UKW gratis di Tanjungpinang Provinsi Kepri pada tanggal 9 sd 10 Agustus 2024 dapat mengisi Google Form berikut ini: bit.ly/3ThNEVK

Atau, menghubungi Saibansah di 0851-01221734. (cb)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here