Lingkungan SDN 1 Sraten Banyuwangi, Kumuh dan Kotor Sarang Nyamuk

0
238

Banyuwangi, IP.News – Lingkungan Sekolah yang bersih,rapi dan nyaman,menjadi sarana utama juga bagi murid-murid untuk mengikuti proses belajar dan semua kegiatan yang ada di sekolah.

Dengan melakukan pencegahan-pencegahan seperti memelihara kebersihan lingkungan sekitar sekolah dengan tidak membuang sampah sembarangan,rumput yang yang tumbuh lebat,BAB sembarangan dan lain sebagainya,sekolah mampu menghindari penyakit-penyakit tersebut.

Kebersihan lingkungan sekolah dapat juga menaikkan nilai akademis siswa sehingga secara tidak langsung juga menaikkan citra guru maupun reputasi sekolah itu sendiri.Selain itu biaya kesehatan yang harus dikeluarkan orang tua juga bisa berkurang karena anak beraktifitas di lingkungaan sekolah yang bersih.

Namun tidak seperti halnya di SDN 1 Sraten Kecamatan Cluring Kabupaten Banyuwangi.Lingkungan sekolah SDN 1 Sraten yang kumuh dan Kotor banyak sampah plastik dan rumput yang berserakan dan rumput yang tumbuh di depan sekolah,halaman sekolah,belakang sekolah bahkan di depan kantor guru dan kantor kepala sekolah seolah dibiarkan begitu saja berserakan.

Ketua Komite SDN 1 Sraten,Irawan Suyanto,saat dikonfirmasi oleh awak media,ketika sedang membersihkan dan mengobat rumput di SDN 1 Sraten, menyampaikan,bahwa saya sebagai Ketua Komite SDN 1 Sraten sudah menyampaikan berkali-kali kepada Kepala Sekolah SDN 1 Sraten,Khoirul Anam agar kebersihan sekolah perlu diutamakan katanya.Minggu,(11/6/2023).

Apalagi saat ini musim tidak menentu,kadang hujan kadang panas,sehingga lingkungan sekolah yang tidak bersih dan kotor alias tidak terawat akan mudah menjadi sarang penyakit.

“Ketika anak-anak SDN 1 Sraten ada yang kena penyakit,mungkin demam karena nyamuk karena lingkungan sekolah yang kotor,siapa yang rugi dan siapa yang dipersalahkan,”tegas Komite Sekolah.

Komite Sekolah juga menambahkan bahwa saya selaku komite sekolah sangat prihatin dengan lingkungan
sekolah yang kotor ini.

“Berkali-kali saya mengobat rumput dilingkungan SDN 1 Sraten dengan biaya dan tenaga sendiri,namun Kepala Sekolah SDN 1 Sraten tidak merespon dengan baik apa yang sudah dilakukan dan disampaikan berkali- kali oleh Ketua Komite SDN 1 Sraten tentang pentingnya lingkungan sekolah yang bersih dan nyaman,”imbuhnya dengan nada datar seolah prihatin dengan lingkungan sekolah yg kumuh dan kotor.

Kepala Sekolah SDN 1 Sraten,Khoirul Anam ketika dikonfirmasi lewat sambungan telvon mengatakan,sudah di obat atau di bersihkan katanya.

Tapi faktanya masih jorok dan kotor dilingkungan sekolah SDN 1 Sraten Kecamatan Cluring Kabupaten Banyuwangi.(nur)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here