Membangun Sinergi, Kolaborasi Antar Daerah Menyambut Bandara Kabupaten Kediri

0
169

Kediri, IP.News – Suatu kehormatan, Kabupaten Kediri menjadi tempat terakhir digelarnya Rapat Koordinasi Asisten Administrasi Sekretariat daerah dan Staf Ahli Bupati/Walikota se-Jawa Timur. Kehadiran para Asisten dan Staf Ahli disambut baik oleh Wakil Bupati Kediri Dewi Mariya Ulfa beserta Sekretaris Daerah di Pendopo Panjalu Jayati, (14/12/2023).

Dalam sambutan selamat datangnya Sekretaris Daerah Mohammad Solikin menyampaikan, mudah-mudahan penutup tahun 2023 ini banyak hal yang bisa menjadi bahan pembelajaran bagi kita semua.

Lanjut Solikin, Kabupaten Kediri telah memiliki Bandar Udara (Bandara) dan besok akan kita jadwalkan untuk kunjungan ke bandara yang saat ini masih pada proses pembangunan.

“Melalui forum ini, sinergi kolaborasi antar pemerintah daerah dalam menyambut perkembangan wilayah yang cukup masif,” terangnya.

“Forum ini juga dapat dijadikan sebagai ruang bagi kita untuk saling berbagi pengalaman, pengetahuan untuk menciptakan hal positif untuk dapat saling melengkapi”, imbuhnya.

Selanjutnya, Wakil Bupati Kediri Dewi Mariya Ulfa dalam sambutannya menyampaikan bahwa dengan memiliki bandara, akan membawa perubahan atau lonjakan kondisi baik secara infrastruktur, ekonomi maupun lonjakan signifikan diberbagai bidang lainnya.

Dijelaskan oleh Mbak Wabup, beberapa bulan terakhir, Mas Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana telah berkomunikasi intens dengan kepala daerah di Jawa Timur utamannya kepala daerah di selingkar wilis.

“Berdiskusi banyak hal, utamanya menyiapkan infrastruktur bandara agar Kabupaten Kediri dengan daerah lain bisa langsung terkoneksi,” ucapnya.

Ditambahkan Mbak Dewi, selain progres jalan tol, juga sangat perlu dipersiapkan akses jalan non tol, karena ketika nanti bandara beroperasi manfaatnya tidak hanya dirasakan oleh masyarakat Kabupaten Kediri saja, tapi juga daerah lainnya.

Namun, lanjut Mbak Dewi, tidak hanya dalam hal infrastruktur, tapi pembangunan bandara juga akan sangat berpengaruh pada sektor pariwisata. Maka dari itu, bagaimana bisa bekerjasama membentuk pariwisata komunal di selingkar wilis.

“Pembangunan bandara, juga akan sangat berpengaruh pada sekto UMKM yang cukup besar dimasing-masing daerah, tentu ini dapat menambah ‘value’ sendiri dengan adanya bandara,” tuturnya.

Terakhir, perlu kita sampaikan bahwa selain bandara, Kabupaten Kediri juga sedang membangun Stadion Dhaha Jayati yang sampai minggu ini progresnya sudah mencapai 87,6%. Stadion tersebut berlokasi di dekat bandara, selain sebagai sarana olahraga juga sebagai wadah event besar.

“Kami berharap, dengan kegiatan rakor kali ini ada gagasan, ide, diskusi yang menarik terkait berbagai ide kerjasama menarik atar daerah,” pungkasnya.

Usai kegiatan rakor, Jum’at pagi para asisten dan staf ahli se-Jawa Timur diajak mengunjungi lokasi pembangunan Bandara. Di sana rombongan diajak berkeliling menyaksikan kemegahan Bandara yang menjadi kebanggaan Kabupaten Kediri. (Siti/Dinas Kominfo Kab. Kediri)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here