Oetomo Sapto Amien : Makna Desa Produktif

0
241
Ketua PABPDSI Jawa Timur, Oetomo Sapto Amien

Banyuwangi, IP.News. – Makna Desa Produktif adalah desa yang mampu merencanakan,melaksanakan pembangunan kapasitas seluruh potensi SDM SDA nya untuk kehidupan masyarakat yang berkelanjutan, menghargai, melestarikan.Kekayaan budaya yang ada dan menciptakan peluang bisnis melalui pengembangan infrastruktur pedesaan, penerapan teknologi dan inovasi untuk pengembangan produk unggulan, membangun ketrampilan/kompetensi,melalui sinergi komunitas/masyarakat ,dunia usaha, akademisi dan pemerintah pusat/daerah.

Program ini merupakan fasilitas pembinaan kepada masyarakat desa/kelurahan melalui entitas BERBADAN HUKUM atau ditetapkan oleh institusi berwenang berbasis komunal/masyarakat seperti BUMDes, BUMDesma. Koperasi atau lembaga sejenis lainnya yang dapat digunakan untuk meningkatkan nilai tambah produk/jasa unggulan daerah sehingga dapat memberi kontribusi bagi peningkatan perekonomian dan pemulihan ekonomi masyarakat.

Fasilitas pembinaan tersebut dapat digunakan dalam bentuk kegiatan berupa pelatihan,penguatan peralatan produksi,penyediaan bahan baku awal, penguatan pemasaran dan bentuk lainnya yang relevan.

Bidang fokus fasilitasi pembinaan terdiri dari Agrobisnis, Lumbung Desa:

Peternakan,Pariwisata,Pengolahan Sampah, Industri Rumahan: Kerajinan dan Komoditi, Bidang Energi: Distributor Gas dan Penjualan BBM, Bidang Pengembangan TIK Wifi Desa Digital, Bidang Perniagaan : Pasar Desa dan Gerai Kulak’an.

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Persatuan Anggota BPD Seluruh Indonesia (PABPDSI),Provinsi Jawa Timur, Oetomo Sapto Amien yang berkantor sekretariat di Desa Lengkong Kecamatan Mojokerto Kabupaten Mojokerto Jawa Timur. Rabu, 15/9/2021. (Irawan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here