Pemilik Keramba Ranu Klakah Merugi Akibat Fenomena Koyo

0
302

Lumajang, IP.News – Para pemilik keramba yang berada di Ranu Klakah terpaksa harus memanen hasil keramba secara dini. Mereka pun harus menelan kerugian dari fenomena Koyo tersebut.

Fenomena Koyo atau juga disebut Upwelling yang terjadi setiap tahun di Ranu Klakah menyebabkan kerugian para pemilik keramba. Air ranu yang terkontaminasi belerang, menyebabkan ikan mabuk dan mengambang di permukaan air.

Koyo adalah kondisi perbedaan suhu yang mengakibatkan massa air lapisan bawah naik keatas,sehinggah pergerakkan air secara vertikal dari bawah membawa materi al seperti belerang.

Yudi salah satu pemilik keramba mengatakan itungannya rugi, soalnya kalau harga normal kita jualnya 35 ribu per kilogram, sekarang ini 15 – 25 ribu tergantung ukurannya, saat ditemui di sekitar Ranu Klakah, Selasa (26/7/2022).

Yudi mengatakan, bahwa fenomena koyo mulai terjadi sejak kemarin, biasanya berlangsung selama sepekan. Biasanya seminggu ini, kalau mulainya kemarin pagi, ujar dia.

Yudi pun terpaksa memanen hasil kerambanya dan dijual di pinggir jalan masuk menuju Ranu Klakah dengan harga separuh lebih murah dari biasanya.

Berbeda dengan Yudi, Muhammad Yunus salah satu pembeli yang berasal dari Desa Karanganom, Kecamatan Pasrujambe mengaku mendapatkan banyak titipan dari banyak saudaranya.

Meskipun jarak tempuh dari rumahnya ke Ranu Klakah cukup jauh, hal tersebut bukan masalah karena harga ikan Koyo relatif murah. Ya ini mborong, banyak titipan saudara soalnya,” terangnya. (N)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here