PT. BMKU Jalin Kerja Sama Dengan Bank Sampah “BRILIAN” Desa Baujeng Tentang Pengelolaan Limbah Plastik

0
86
Karyawaan PT. BMKU menyerahkan sampah workshop ke bank sampah ” BRILIAN ” Desa Baujeng.

Pasuruan, IP.News – PT Barokah Mitra Karya Unggul (BMKU) berkedudukan di Jalan Raya Pandaan – Bangil Km. 5 Desa Baujeng Kecamatan Beji Kabupaten Pasuruan melalui program Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL), menjalin kerja sama dengan Bank Sampah “ BRILIAN” yang dikelola oleh Pemerintah Desa Baujeng bersama Karang Taruna setempat dalam pengelolaan limbah domestik berupa sampah plastik di lingkungan workshop PT. BMKU.

Manager HRD PT. BMKU Ir. H. Kukuh Prio Utomo, MM mengatakan PT. BMKU sebagai perusahaan produksi SKT mitra PT. Sampoerna, Tbk menaruh perhatian penuh terhadap pelestarian lingkungan salah satunya pengelolaan sampah domestik.

“Kegiatan ini adalah komitmen kami dalam mengoptimalkan pola konsumsi yang bertanggung jawab sekaligus meningkatkan nilai tambah yang berdampak pada peningkatan perekonomian masyarakat,” ujar Aba Kukuh, panggilan akrab, Ir. H. Kukuh Prio Utomo, MM

Aba Kukuh juga menuturkan melalui program ini diharapkan PT. BMKU dapat berkontribusi mendukung pemerintah mencapai Sustainable Development Goals (SDGs) yang berkelanjutan di bidang lingkungan.

“Kami mendukung penuh program bank sampah ini mulai dari proses pengangkutan, pemilahan, pengolahan sampah, hingga membangun program pembinaan dan pemberdayaan khususnya sebagai upaya meningkatkan kualitas hidup dan lingkungan bagi masyarakat,” Tuturnya .

Lebih lanjut Aba Kukuh menjelaskan pengolahan sampah plastik domestik untuk didaur ulang menjadi barang jadi yang memiliki nilai ekonomis. “ Kegiatan ini dilakukan secara rutin berkala sebagai penggerak ekonomi masyarakat dengan memanfaatkan sampah menjadi barang bernilai ekonomis dan menghasilkan rupiah “. Jelasnya

Di sisi lain, Ahmad Sobik, Kepala Desa Baujeng selaku Pembina Bank Sampah BRILIAN, mengapresiasi atas sinergi yang dibangun bersama PT.BMKU sebagai misi membangun kebaikan. Dirinya juga berharap kerja sama ini dapat terus tumbuh dan melahirkan inovasi dalam hal pengelolaan sampah, sehingga ada nilai tambah yang dapat diberikan kepada masyarakat.

“Kami mengapresiasi sinergi ini dapat terus berlanjut, bukan hanya memberikan dampak positif bagi lingkungan, kesehatan dan ekonomi namun juga menciptakan inovasi pengembangan pengelolaan sampah dan Hasil bank sampah yang diterima dikelola untuk diwujudkan berupa pembelian bibit tanaman produktif”. pungkas Sobik. (Cak Bas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here