PT. BMKU Lindungi 200 Pekerja Rentan Desa Baujeng Melalui GN Lingkaran

0
75

Pasuruan, IP.News – Perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan yang menyeluruh kepada seluruh pekerja di Indonesia semakin gencar dilakukan oleh BPJS Ketenagakerjaan.

Kali ini, Jaminan Sosial Ketenagakerjaan Cabang Pasuruan menyalurkan donasi CSR dari PT. Barokah Mitra Karya Unggul (BMKU) kepada 200 pekerja rentan yang berada di Desa Baujeng.

Donasi dari PT. BMKU ini diberikan secara simbolis kepada pekerja rentan dengan profesi sebagai pedagang, tukang ojek, petani, buruh harian lepas, Guru TK, hingga Guru mengaji petani dalam rangkaian kegiatan Gerakan Masyarakat Sehat (GERMAS) yang dilaksanakan di Aula Meeting PT. BMKU Raya Pandaan – Bangil KM.5 Desa Baujeng Kecamatan Beji, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur, Rabu (17/11/2021).

Penyerahan donasi dari PT. BMKU ini diserahkan secara simbolis oleh Direktur Utama PT BMKU., Gunawan Wibisono, ST bersama Kepala Kantor Cabang Badan Penyelenggara Jamsostek Pasuruan, Triyogi Santoso kepada perwakilan pekerja rentan.

Penyerahan ini disaksikan pula oleh Camat Beji Moh Agus Masjhady, S.Sos. M,Si. Kepala Desa Baujeng H. Ahmad Sobik, Sekretaris Desa Baujeng Saikhul Anwar, Manager HRD PT. BMKU Ir. H. Kukuh Prio Utomo, MM, Manager Produksi PT. BMKU Antonius Yudhianto, SE, manager keuangan PT. BMKU cony Fajriah, SE. Ak. dan Kepala Puskesmas Beji , yang tampak hadir dalam kegiatan tersebut.

Selain penyerahan secara donasi GN Lingkaran secara simbolis, juga diserahkan Kartu BPJS Ketenagakerjaan bagi Warga Baujeng.

Setiap pekerja rentan dicover 2 program jaminan yaitu Jaminan Kecelakaan Kerja dan Jaminan Kematian.

“ Semoga melalui GN Lingkaran ini, masyarakat pekerja di Desa Baujeng terlindungi secara menyeluruh, khususnya bagi para pekerja rentan”, ungkap Direktur Utama PT. BMKU, Gunawan Wibisono, ST.

GN Lingkaran (Gerakan Nasional Peduli Perlindungan Pekerja Rentan) merupakan sebuah inovasi sosial yang ditujukan untuk membantu perlindungan Pekerja Rentan melalui donasi pembayaran iuran jaminan sosial ketenagakerjaan dari dana CSR perusahaan-perusahaan atau sumbangan individual.

Pekerja Rentan merupakan pekerja informal atau Bukan Penerima Upah (BPU) dengan penghasilan harian yang hanya cukup untuk membiayai kebutuhan hari itu saja, sehingga belum sanggup membayar iuran jaminan sosial ketenagakerjaan.

Oleh karena itu, dengan adanya GN Lingkaran ini, para Pekerja Rentan ini bisa mendapatkan perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan dari BPJS Ketenagakerjan, sampai mereka mandiri untuk membayar sendiri. (cr)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here