Resmi Dikukuhkan, Gus Muhdlor Beri Pesan Khusus untuk Pengurus FKKD yang Baru

0
289

Sidoarjo, IP.News –  Struktur pengurus Forum Komunikasi Kepala Desa (FKKD) Sidoarjo tahun 2022-2027 resmi dikukuhkan, Rabu (19/10). Pengukuhan dilakukan di Hotel Aston Sidoarjo dan dihadiri Bupati Sidoarjo, H. Ahmad Muhdlor S.IP.

Dalam sambutannya, Bupati yang akrab dipanggil Gus Muhdlor itu menyampaikan pentingnya peran serta kepala desa sebagai salah satu kunci suksesnya program pemerintah dan pembangunan di Sidoarjo.

“Forum ini juga menjadi salah satu wadah untuk saling berbagi edukasi, serta memberikan informasi antar sesama pemerintah desa”, ucap Gus Bupati.

Menurutnya, saling mengedukasi dan berbagi informasi dapat diwujudkan dalam banyak hal. Mulai dari optimalisasi pengelolaan BUMDES, hingga bagaimana caranya pengelolaan anggaran agar tepat sasaran.

“Termasuk transparansi anggaran dan sebagainya. Tentunya bila edukasinya di tingkat komunitas, saya yakin bisa lebih cepat menular pemahamannya,” ujarnya.

Pada kesempatan yang sama Ketua FKKD Sidoarjo Budiono mengatakan, peningkatan skill SDM penting bagi para kepala desa. Menurutnya, kepala desa harus paham berbagai jenis peraturan yang turun ke desa.

“Sehingga dalam berlangsungnya proses pemerintahan kepala desa betul-betul paham regulasinya bagaimana. Tidak asal apa, kata siapa. Harus baca, dan harus paham”, katanya.

Ia juga mencontohkan dalam hal perumusan APBDes, kepala desa harus paham dan mengerti mulai dari perumusan hingga pengelolaannya. Harus terintegrasi antara kepala desa, sekretaris, dan BPD.

“Tidak bisa masing-masing juga. Jadi nanti untuk upgrading skill bisa melalui macam-macam caranya salah satunya Bimtek. Tentu kami harapkan kedepannya, pemerintahan di tingkat desa bisa jauh lebih baik lagi”, tutupnya. Ach/git

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here