Sama-sama Mengandung Antioksidan, Ini Manfaat Lada Hitam dan Kunyit

0
145

Indonesiapos, IP.News — Banyak manfaat yang ditawarkan di dalam berbagai jenis rempah, diantaranya kunyit dan lada hitam. Lantas, apa saja manfaat keduanya?

Kunyit merupakan bumbu berwarna kuning keemasan yang biasanya digunakan untuk menambah warna, rasa, dan nutrisi pada makanan.

Kunyit atau Curcuma Longa merupakan kerabat dari jahe sebagai tanaman asli Asia yang sejak dulu dijadikan bahan pelengkap masakan dan pengobatan tradisional.

Banyak manfaat jika mengonsumsi kunyit. Mengutip Everyday Health, kunyit dapat menurunkan peradangan dan mengurangi kerusakan akibat paparan radikal bebas seperti paparan asap rokok atau bahan kimia industri.

Kunyit mengandung zat alami bernama kurkumin yang yang memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi. Secara garis besar kurkumin bermanfaat untuk membantu penderita Benign Prostatic Hyperplasia (BPH) meningkatkan aliran urine.

Selain kunyit, lada hitam pun merupakan jenis rempah yang mengandung sifat antiinflamasi dan antioksidan.

Lada hitam berbentuk hitam, kecil, dan kering, biasa digunakan sebagai obat, bahan pengawet, maupun sebagai penambah rasa pada makanan.

Lada hitam mengandung piperine di dalam nya. Piperine merupakan senyawa bioaktif yang bermanfaat untuk membantu sistem penyerapan nutrisi dalam tubuh, mengontrol gula darah, dan mendukung kesehatan jantung.

Manfaat kunyit dan lada hitam

Lalu apa manfaat kombinasi antara rempah kunyit dan lada hitam?

Mengutip Verywell Health, zat alami di dalam kunyit mungkin tidak diserap dengan baik oleh tubuh.

Meskipun kurkumin memiliki manfaat yang beragam, kurkumin juga mengandung bioavailabilitas yang buruk yang membuat daya serap pada nutrisi melemah.

Lalu peran piperine di dalam lada hitam dapat membantu meningkatkan proses penyerapan kurkumin.

Piperine dapat menghambat produksi glukuronidasi, yang mana akan memecah kurkumin sehingga piperine dapat mengambil nutrisi di dalamnya.

Dilansir dari Holland and Barrett, kolaborasi antara kunyit dan lada hitam dapat membantu meningkatkan bioavailabilitas hingga 2000 persen.

Dampak dari kolaborasi inilah yang dapat membuat orang tertarik untuk mengolaborasikan kunyit dan lada hitam di dalam satu makanan.

Anda dapat mencoba makanan yang mengandung dua bahan tersebut untuk bisa menikmati manfaat lada hitam dan kunyit. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here