Serap dan Gali Aspirasi BPD Sraten Banyuwangi

0
710

Banyuwangi.IP.News – Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Desa Sraten Kecamatan Cluring Kabupaten Banyuwangi mengadakan Serap dan Gali Aspirasi kepada masyarakat di semua dusun yang ada perwakilan anggota BPD di sembilan titik.Serap dan Gali Aspirasi yang ke tiga ini bertempat di Posko Ontelis Tawangalun Kedawung Dusun Sukodadi Desa Sraten.Senin (24/10/2022)

Sesuai dengan Permendagri No.110 Tahun 2016 BPD mempunyai fungsi,membahas dan menyepakati Rancangan Peraturan Desa bersama Kepala Desa,menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat desa,melakukan pengawasan kinerja Kepala Desa.

BPD juga mempunyai tugas antara lain,menggali aspirasi masyarakat,menampung aspirasi masyarakat,mengelola aspirasi masyarakat,menyalurkan aspirasi masyarakat,menyelenggarakan musyawarah Desa dan masih banyak lagi yang lainnya.

Tujuan dari Serap dan Gali Aspirasi masyarakat oleh BPD Desa Sraten ini untuk mengetahui permasalahan yang ada di masyarakat desa.Sehingga BPD sebagai wakil masyarakat dapat menampung semua permasalahan yang ada di masyarakat dan sekaligus bisa mengantisipasi mulai dini semua permasalahan yang ada di masyarakat agar bisa di tampung lebih awal oleh BPD.

Sehingga bisa menganalisa dan merumuskan Aspirasi masyarakat Desa untuk nantinya di sampaikan kepada Kepala Desa,baik lisan maupun tulisan.

Menurut perwakilan dari salah satu tokoh pemuda,Hono Siswantoro,menyampaikan permasalahan terkait dengan PTSL ( Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap) di Desa Sraten yang sampai tahun 2022 ini belum terealisasi.

“Padahal pendataan sudah dilaksanakan mulai tahun 2019 oleh Pemerintah Desa Sraten tapi sampai saat ini belum mendapatkan kuota PTSL (Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap),”tegasnya.

Ketua BPD Desa Sraten,Drs,Heru Supriyono menegaskan,bahwa apa yang sudah disampaikan masyarkat lewat Serap dan Gali masyarakat ini kami akan tampung semuanya.

“Masukan dan usulan masyarakat lewat aspirasi ini akan kami administrasikan dan rumuskan dengan cara menganalisa untuk disampaikan kepada Kepala Desa dalam rangka mewujudkan tata kelola penyelenggaraan pemerintahan yang baik dan kesejahteraan masyarakat Desa,”tegasnya.(Irawan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here