Tingkatkan PADes dan berdayakan UMKM : Pemdes Pepelegi Resmikan Unit Usaha BUMDes

0
1134

Sidoarjo, IP.News – Bertempat di lapangan desa Pepelegi, Sabtu 10/9/2022 Pemerintah Desa Pepelegi selenggarakan Grand Opening Warung “Pawon Lawas”. Pawon lawas yang merupakan salah satu unit usaha BUMDes “Karya Sejahtera Pepelegi (KSP) yang fokus dalam bidang pengembangan dan pemberdayaan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di desa.

BUMDes KSP berdiri sejak tahun 2019. Awal berdiri BUMDes memang, pada awal-awal berdirinya lebih berfokus pada usaha-usaha dan potensi yang ada di desa, diantaranya persewaan lapangan sepak bola, badminton dan persewaan pendopo desa untuk kegiatan hajatan/resepsi masýarakat. Pada perjalanannya kemudian merambah pada usaha perikanan, hal tersebut diambil setelah adanya pandemi covid-19 yang hampir 2 tahun.

Turut hadir pada Grand Opening Pawon Bapak Bambang Riyoko, SE Fraksi PDI P(Wakil Ketua DPRD Sidoarjo), Tarkit Erdianto Anggota DPRD Sidoarjo Fraksi PDI P, H. Haris Anggota DPRD Sidoarjo dari Fraksi PAN, Pendamping Desa, BPD, LPMD, PKK, Karang Taruna, RT/RW, Tokoh Masyarakat dan Agama serta undangan dari beragam Komunitas yang ada di Desa Pepelegi.

Pawon lawas yang berlokasi di area lapangan Desa Pepelegi menempati aset desa/tanah kas desa, selain warung pawon lawas, paseban, kolam ikan juga terdapat lapangan desa yang dikelola oleh BUMDes KSP. Hal tersebut sebagai upaya untuk meningkatkan Pendapat Asli Desa (PADes) dengan melibatkan seluruh stake holder, khususnya pelaku UMKM yang ada di desa.

“Warung Pawon lawas, tidak lain bagian dari ikhtiar Kami (BUMDes) untuk menjadikan pelaku UMKM semakin berdaya, selain tentu meningkatkan PADes Pepelegi, dengan membangun sinergi dengan seluruh stake holder yang ada di desa, dan harapannya kedepan dapat menjadi icon desa yang membanggakan”. Kata Hari Setiyo, Ketua BUMDes KSP.

Peresmian Warung Pawon lawas oleh Kepala Desa Pepelegi, Iswahyudi, SE secara simbolis dilakukan dengan pemecahan kendi. Dalam sambutannya Kepala Desa mengajak semua yang hadir, khususnya warga Pepelegi untuk bersama-sama membesarkan Warung Pawon lawas.

Acara grand opening juga dimeriahkan oleh penampilan group musik akustik “GAPI Acoustik” dari muda mudi desa Pepelegi.

Hadir dalam acara itu anggota DPRD Kabupaten Sidoarjo dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Bambang Riyoko, Tarkit Erdianto dan dari Partai Amanat Nasional (PAN) Haris. (Her)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here