Tradisi Mantu Kucing Merupakan Adat Istiadat Turun Temurun di Desa Grajagan

0
1529

Banyuwangi, IP.News – Ritual mantu kucing merupakan adat istiadat yang sudah bertahun tahun dilakukan oleh masyarakat Dusun Sumberjati Desa Grajagan Kecamatan Purwoharjo Kabupaten Banyuwangi hingga kini tetap dilestarikan.

Hal itu terbukti pada Hari Jum’at pon tanggal 9 November 2018 sebagian besar masyarakat Desa Grajagan berduyun-duyun mendatangi suatu tempat yang masih dianggap keramat oleh sebagian masyarakat setempat guna melangsungkan kegiatan itu, Yaitu di sebuah Umbul (sumber mata air ).

Kepala Desa Grajagan Supriyono, SH saat dikonfirmasi di ruang kerjanya menuturkan ritual adat yang sudah turun menurun ini mulai sejak nenek moyang kita dahulu, perlu dilestarikan.

“ Kedatangan mereka ke lokasi ritual membawa ambeng dengan maksud untuk bershodaqoh “. Tutur Supriyono.

Supriyono menambahkan rangkaian acara ritual mantu kucing ini diawali dengan memandikan 2 ekor kucing oleh tokoh adat. Kucing yang akan dimantu itu diberikan nama, untuk kucing jantan diberi nama Bejo , dengan harapan agar masyarakat diberikan kabejan/ keberuntungan. Sedang untuk kucing betina diberikan nama Rahayu.

“ pemberian nama di kandung maksud agar masyarakat Desa Grajagan selalu diberikan keselamatan dan kemakmuran yang melimpah “. Tambah Supriyono.

Kegiatan ritual itu dihadiri oleh Camat Purwoharjo Drs. Ahmad Laeni, M.Si, para pejabat pemerintahan yang ada di wilayah Kecamatan Purwoharjo dan seluruh perangkat Desa serta tokoh masyarakat Grajagan. (nur)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here