Giat Ruwat Air Desa Penanggal Di Selenggarakan Setiap Tahun Baru Islam

0
43

Lumajang, IP. News, Desa Penanggal, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang, selenggarakan giat Ritual Ruwatan Air di pemandian Tirtosari Sumbersari, Minggu (7/7/2024).

Ritual Ruwatan Air ini sudah ada sejak dulu karena merupakan Budaya adat masyarakat Penanggal, yang bersyukur atas berlimpahnya hasil pertanian juga berlimpahnya Sumber Mata Air, dan acara ini diselenggarakan setiap tahun bertepatan dengan Tahun Baru Islam

Kepala Desa Penanggal Cik Ono, SH. mengatakan ke Media ini disela kegiatannya, mengucapkan syukur Alhamdulillah karena sumber mata air yang ada di Desa Penanggal sangat berlimpah sehinggah bisa mengaliri lahan pertanian di wilayah sendiri, juga di pergunakan dalam kehidupan setiap hari.

Sumber mata air Tirtosari Sumbersari ini bisa mengaliri sawah dibawah Desa Penanggal antara lain Desa Tambahrejo, Desa Kloposawit, Desa Tumpeng, jika musim kemarau Sumber Air Tirtosari Sumbersari dipakai untuk mengaliri sawah di Desa Tempeh, dan dengan rasa syukur ini maka masyarakat Desa Penanggal selenggarakan ruwatan air dengan rangkaian kegiatan dan sebelum acara Ritual Ruwatan Air ada pawai obor yang di ikuti kurang lebih dua ribu orang untuk memperingati Tahun Baru Islam, imbuhnya.

Cik Ono berharap kepada masyarakat Penanggal agar tetap menjaga dan merawat sumber mata air agar tetap mengalir seperti sekarang ini, dan melestarikan budaya yang ada.

Sementara itu, Bambang dari DPR Golkar, mengapresiasi giat Ritual Ruwatan Air Tirtosari Sumbersari ini, dengan melimpahnya Sumber Mata Air di Desa Penanggal yang mana sangat bermanfaat bagi masyarakatnya dan Desa lainnya.

Dalam kegiatan ini turut hadir, anggota DPR dari Fraksi Golkar, Pini Sepuh Desa Penanggal, Babinkhamtibmas, Babinsa Penanggal, juga Perangkat Desa dan Jajarannya.(N)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here