Kang Marhaen Djumadi Sang Mantan Bupati Nganjuk Memimpin dengan Rasa Memiliki dan Mencintai

0
167

Indonesiapos.news : Sejak awal mencalonkan diri sebagai calon wakil bupati, Kang Marhaen merasa terpanggil untuk mengabdi pada tanah kelahirannya. Marhaen kecil hidup sederhana di sebuah desa sekitar Werungotok, Kecamatan Nganjuk. Sebagai anak desa dari keluarga sederhana, Kang Marhaen adalah seorang yang semangat menuntut ilmu. Hingga dia meraih gelar doktor. Sebuah prestasi yang luar biasa. Dengan ilmu dan pengetahuan yang dimiliki Kang Marhaen ingin mengabdikan diri pada masyarakat Nganjuk yang dicintainya.

Doa baik Kang Marhen tersebut ternyata oleh Allah SWT dikabulkan sehingga dalam kompetisi pencalonan wakil bupati berpasangan dengan Novi Rahman Hidhayat akhirnya sukses. Perjalanan panjang sebagai wakil bupati hingga menjabat sebagai bupati, Kang Marhen melakukan pengamatan, kajian, sambung rasa dengan rakyat, silaturahim, sampai sidak ke lapangan.

Pada Mei 2021, Bupati Nganjuk Novi Rahman Hidayat terjaring operasi tangkap tangan (OTT) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Atas kasus yang menjerat Novi Rahman, Marhaen kemudian menjabat sebagai Pelaksana Tugas (Plt.) Bupati Nganjuk sejak 11 Mei 2021.

Pada akhirnya Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa melantik Kang Marhaen sebagai Bupati Nganjuk pada 10 April 2023, untuk melanjutkan sisa masa jabatan hingga beberapa bulan ke depannya.

Masyarakat Nganjuk memiliki kerukunan dan keharmonisan hubungan yang tinggi. Sehingga, ketentraman masyarakat selalu terjaga dengan baik. Kalau keamanan dan ketentraman masyarakat terjaga, maka pembangunan bisa cepat terwujud Membangun Nganjuk adalah sebuah kewajiban. Apa yang dilakukan merupakan manifestasi dari dedikasi tertinggi Kang Marhaen pada daerah yang dicintainya

” Saya mencintai Nganjuk setulus hati. Saya berjuang membangun Nganjuk dengan senang hati demi kita bersama, ” Tutur Kang Marhaen.

Profil lengkap Kang Marhaen:

Nama lengkap Dr. Drs. H. Marhaen Djumadi, SE, SH, MM, MBA lahir pada 15 Desember 1968 di Nganjuk, Jawa Timur, yang merupakan anak bungsu dari empat bersaudara.

Informasi yang dilansir dari situs resmi DPD PDI Perjuangan Jawa Timur, Kang Marhaen memiliki tiga orang kakak perempuan yang semuanya tidak sekolah alias buta huruf.

Hal itulah yang lantas menjadi penyemangat bagi dirinya untuk menempuh pendidikan hingga jenjang yang lebih tinggi.

Kang Marhaen mengenyam pendidikan di SDN Putren 1 Nganjuk, dan kemudian melanjutkan ke SMP Negeri 1 Nganjuk.

Pada tahun 1986, ia tercatat lulus dari Sekolah Pendidikan Guru Negeri (SPGN) Nganjuk, yang merupakan jenjang pendidikan setara SMA/sederajat.

Kang Marhaen kemudian melanjutkan pendidikan ke jenjang D-3 di IKIP Surabaya. Ia tercatat menyelesaikan jenjang pendidikan S-1 dari tiga kampus berbeda, yakni IKIP Surabaya, STIE Totalwin Semarang (Manajemen red), dan Universitas Yos Sudarso Surabaya (Hukum red).

Sementara itu, gelar Magister Manajemen (MM) berhasil didapatkan Marhaen dari STIE Artha Bodhi Iswara pada tahun 2001. Tak hanya sampai di sini, dirinya juga meraih gelar Doktor Ekonomi dari Universitas Negeri Malang pada tahun 2005.

Karier Politik Kang Marhaen

Pada tahun 2009 Kang Marhaen sempat mencalonkan diri sebagai caleg DPRD Jatim di Dapil 2 (dua) yang meliputi Kabupaten/Kota Pasuruan dan Probolinggo namun gagal.

Selanjutnya pada tahun 2014 Kang marhaen kembali mencalonkan diri sebagai Caleg DPR RI di Dapil 6 (enam) yang meliputi Kabupaten/Kota Kediri Blitar dan Tulungagung namun kembali gagal.

Tak hanya itu pada tahun 2015 kembali mencalonkan diri sebagai wakil Bupati Sidoarjo dan gagal lagi.

Namun tiga kegagalan di atas tidak menjadi penghalang atau mematahkan semangat untuk mengabdi kepada masyarakat bagi Kang Marhaen.

Pada Pilbup Nganjuk 2018, Kang Marhaen maju sebagai calon wakil bupati berpasangan dengan Novi Rahman Hidayat yang didukung oleh tiga partai, yaitu PKB, PDIP, dan Partai Hanura.

Duet Novi-Marhaen ini kemudian berhasil menjadi pemenang dengan perolehan suara 303.195. Pasangan ini berhasil mengalahkan duet Siti Nurhayati – Bimantoro Wiyono dan Desy Natalia Widya – Ainul Yakin.

Pada Minggu (26/5/2024), Kang Marhaen Djumadi, menerima surat tugas dari Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P). Kang Marhaen, menerima surat tugas dari DPP PDI-P , seusai Rapat Kerja Nasional (Rakernas) V PDI-P di Beach City International Stadium, Ancol, Jakarta Utara.

Jadi Kang Marhaen Berpeluang Besar Dapat Rekomendasi Cabup dalam Pilkada Nganjuk 2024. (purdianto)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here