UNUSA Bahas Karya Ilmiah Populer di SMP PGRI 6 Surabaya

0
778

Surabaya, IP.News – Pada Selasa (5/7) 2022, SMP PGRI 6 Surabaya Jl Bulak Rukem III No 7-9, RT 05 RW 05 Kelurahan Wonokusumo Kecamatan Semampir membahas program pelatihan penulisan karya ilmiah populer bersama dosen prodi Bahasa Ingris FKIP, Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (UNUSA). Sebulan sebelumnya, acara ini diawali pertemuan dengan Kepala Sekolah Bapak H. Banu Atmoko, S.Pd bersama Dr. Drs. Djuwari, M.Hum, dosen Bahasa Inggris UNUSA.

“Kami selalu berusaha meningkatkan mutu guru kami di sekolahan SMP PGRI 6 Surabaya dan sepakat dengan program pelatihan penulisan karya ilmiah popular.” Tandas H. Banu Atmoko. Di sela-sela pembahasan ini, di ruangan Kepala Sekolah, Djuwari sangat senang dengan disepakatinya kerjasama pengabdian masyarakat (Pengmas) Prodi Bahasa Inggris UNUSA oleh SMP PGRI 6 ini.

“Terima kasih, Pak Banu. Semoga kita bisa berlatih bersama guru-guru SMP di sini. Kita bahas rencana pelatihan nanti, “ Kata Djuwari yang mewakili Tim Prodi Bahasa Inggris UNUSA di SMP PGRI ini. Djuwari, kemudian, meninjau kembali jadwal pelatihannya bersama Kepala Sekolah hari itu, Selasa (5/7). Ini untuk menyesuaikan aktivitas di SMP PGRI 6 tersebut.

Kemudian, mereka sepakat acara dilaksanakan pada Selasa, 23 Juli 2022. Ini karena sekolah dalam masa liburan sampai 18 Juli.

Penulisan karya ilmiah populer merupakan salah satu cara peningkatan daya nalar berpikir dalam menuangkan gagasan. Menuangkan gagasan itu sebagai keterampilan yang berguna.

Misalnya, artikel diawali dengan sebuah masalah. Kemudian, dibahas dengan penalaran ilmiah, logis, dan realistis.
Hasilnya, bisa berupa solusi pada sebuah masalah. Artikel ilmiah popular juga bisa berupa penuangan gagasan baru yang dapat dikerjakan secara operasional. Misalnya, bagaimana mengajarkan matematika, bahasa Inggirs, Biologi, dan lain-lain dengan efisien, efektif, dan menarik. Tentunya, diberikan teori dan cara mengerjakannya berdasarkan pengalaman di lapangan atau kelas.

Adapun tim Pengabdian Masayarakat (Pengmas) Prodi Bahasa Inggris Unusa ini ada lima orang. Mereka adalah Tiyas Saputri S.S. M.Pd. (Kaprodi Bahasa Inggris Unusa) dengan dua dosen lainnya yaitu Nailur Authar, S. Pd., M.Pd , Andini Hadiningrum, S. Pd. M. Pd. dan dua mahasiswi: Lia Zannuba Arifah dan Frida Rullyati. (Bas/Dj).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here