Patut di Tiru,Seleksi Calon Perangkat Desa Sukamaju

0
242

Banyuwangi.IP.News – Puluhan orang mengikuti Seleksi Calon Perangkat Desa Sukamaju Kecamatan Srono Banyuwangi yang dilaksanakan secara serentak transparan dan terbuka dengan melibatkan tim penguji independen dari luar Desa Sukamaju terdiri dari unsur Profesional yang harus memenuhi tiga unsur,kualifikasi,kompetensi,kinerja dan Akademisi di Kantor Desa Sukamaju dan diawasi oleh semua BPD,perangkat desa dan masyarakat,pada hari Rabu,15/3/2023.

Sekretaris Desa Sukamaju,Ahmad Badrus Tamam sebagai Ketua Panitia Seleksi menyampaikan terkait proses seleksi calon perangkat desa.Pendaftaran di mulai tanggal 6/3 sampai 9/3/2023.

Seleksi administrasi selama dua hari dan semua pendaftar sebanyak 11 orang dinyatakan lulus administrasi dan bisa mengikuti tes tulis,wawancara dan ITE/Computer.

Sebelas orang yang lulus administrasi antara lain Henala Citra Prasetya,Socta Agung Bad N,Zaenal Abidin,Meta Agata Ansura,Lia Agustin,Ainki Yusuf Ardana B,Febrianca Elsa Z,Elmita Ade Dwi Z,Elmiya Ade Dwi O,Andi Firman Saleh,Muhamad Hariyono dan di terima hanya tiga orang,untuk Kaur Umum,Kasi Pemerintahan dan Kasun masing-masing satu orang.

Fathur Rohman Kepala Bidang Pemerintahan Kecamatan Srono menjelaskan,bahwa mekanisme penjaringan dan penyaringan perangkat desa mengacu pada Perda No.3 tahun 2017,Perbub No.10 tahun 2019 dan Perda No.4 tahun 2022 tentang perubahan Perda No.3 tahun 2017.

Penguji tes tulis Muhammad Handoyo,MM.,M.Pd dari unsur Akademisi materinya meliputi,Profil Desa Sukamaju,peraturan tentang desa,wawasan kebangsaan, pengetahuan umum,motivasi peserta tes.

Aris Karyono,S.E dari unsur Profesional, penguji wawancara materinya antara lain idiologi kebangsaan,wawasan kebangsaan, pengetahuan tentang desa,motifasi daftar jadi perangkat desa dan rencana kerja.

Arifin,S.Kom unsur Profesional penguji ITE/Computer, materinya meliputi penggunaan Microsoft dan Microsoft Excel.

Seleksi Penjaringan dan Penyaringan Calon Perangkat Desa Sukamaju sangat transparan dan terbuka,yang dinyatakan lulus diterima sesuai dengan kompetensi dan kemampuan hasil tes,tanpa ada titipan atau pesanan dari unsur manapun juga. (Irawan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here