Bukan Cuma Merawat Kulit, Ini 5 Manfaat Tanaman Lidah Buaya Bagi Kesehatan

0
76

Indonesiapos.news- Lidah buaya merupakan tanaman hias yang sangat populer, banyak ditanam di halaman rumah.

Lidah banyak diminati buaya karena bukan hanya sebagai tanaman dekorasi, tetapi juga sebagai tanaman obat. Khasiat lidah buaya sudah tidak diragukan lagi sejak dulu.

serupa kita tahu lidah buaya banyak digunakan dalam berbagai produk perawatan kulit dan rambut, bahkan perawatan kulit dan kosmetik.

Ternyata manfaat lidah lebih banyak buaya dari itu. Bukan hanya bermanfaat untuk perawatan kulit dan rambut, tapi juga memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan.

Maka tak heran jika banyak orang menanam lidah buaya di pekarangan rumah sebagai obat tanaman, untuk sewaktu-waktu ketika dibutuhkan. Hingga saat ini tanaman lidah buaya masih digandrungi karena segudang manfaatnya.

Berikut ini beberapa manfaat lidah buaya bagi kesehatan, yang perlu Anda ketahui diantaranya:

1. Merawat kulit

Salah satu manfaat lidah buaya yang begitu populer merawat yaitu kulit. Lidah buaya sudah banyak digunakan dalam berbagai produk perawatan kulit.

Hal ini karena lidah buaya memiliki sifat yang menenangkan, menghidrasi dan menyembuhkan.

Gel lidah buaya bisa membantu mengurangi peradangan kulit, melembapkan kulit kering, menyembuhkan luka, mengatasi jerawat, serta mengurangi penuaan.

2. Merawat kulit kepala dan rambut

Manfaat lidah buaya kedua yang tak kalah populernya yaitu untuk merawat kulit kepala dan rambut. Dalam berbagai produk perawatan rambut juga banyak mengandung lidah buaya

Hal ini karena lidah buaya dapat merawat rambut lebih lembut dan berkilau berkat kandungan vitamin B1, B2, B3, B6, vitamin C, asam folat, kolin, glukosa, manosa, aldopentosa, dan enzim. Sehingga sangat baik untuk merawat kulit kepala dan rambut.

3. Penyembuhan luka

Manfaat lidah berikutnya buaya yaitu bisa untuk menyembuhkan luka seperti luka bakar ringan, lecet, luka sayat, dsb. 

Lidah buaya membantu mempercepat proses penyembuhan dengan merangsang produksi kolagen serta meningkatkan regenerasi sel-sel kulit.

4. Menurunkan gula darah

Lidah buaya juga memiliki manfaat yang bisa menurunkan glukosa darah. setara menurut studi dengan judul Antidiabetic Activity of Aloe Vera L. Juice. I. Uji klinis pada Kasus baru oge diabetes melitus bahwa, mengonsumsi 2 sendok makan lidah buaya bisa menurunkan gula darah pengidap diabetes tipe 2.

Hal ini karena kandungan yang ada pada lidah buaya berperan sebagai obat alami yang bekerja meningkatkan efektivitas insulin pada tubuh.

Namun, penggunaan lidah buaya ini tidak disarankan bagi orang yang mengonsumsi obat-obatan rutin. Sebab jika dipadukan justru bisa menurunkan glukosa dalam menjadi sangat rendah yang berpotensi membahayakan.

5. Meredakan Gerd

Manfaat lidah bagi buaya kesehatan juga ternyata bisa meredakan Gerd atau penyakit asam lambung. Hal ini ditunjukkan dalam penelitian penelitian bahwa 28 hingga 85 gram gel lidah buaya saat makan dapat mengurangi keparahan gerd.

Selain itu, lidah buaya juga bermanfaat untuk mengatasi masalah pencernaan lainnya. Alasannya lidah buaya dianggap aman dan ramah untuk sistem pencernaan.

Itulah beberapa manfaat tanaman lidah buaya bagi kesehatan, yang ternyata sangat banyak bukan hanya sebagai perawatan kulit dan rambut.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here