Forkopimda Nganjuk Gerojok Beras Medium Murah Guna Stabilkan Harga Pangan

0
207

Nganjuk, IP.News – Jajaran Forkopimda Kabupaten Nganjuk melaksanakan operasi pasar dalam rangka menstabilkan harga beras medium menjelang bulan puasa Ramadhan bertempat di pasar Berbek dan Pasar Wage, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur, pada Kamis (23/2/2023).

Dalam Operasi pasar tersebut Pemerintah kabupaten Nganjuk menggelontorkan 50 ton lebih beras medium yang dikemas dalam ukuran 5 kilogram yang akan didistribusikan kepada pedagang beras dengan harga Rp 8.600,- (Delapan Ribu Enam Ratus Rupiah) per Satu (1) Kilogram (Kg) dan di jual kepada masyarakat dengan harga Rp 9.400,- (Sembilan Ribu Empat Ratus Rupiah) per Satu (1) Kilogram (Kg).

Beras tersebut akan didistribusikan ke Pasar Wage 8.500 (Delapan Ribu Lima Ratus) Kg, Pasar Berbek 15.775 (Lima Belas Ribu Tujuh Ratus Tujuh Puluh Lima) Kg, Pasar Warujayeng 11.775 (Sebelas Ribu Tujuh Ratus Tujuh Puluh Lima) Kg, Pasar Sukomoro 5.875 (Lima Ribu Delapan Ratus Tujuh Puluh Lima) Kg, Pasar Kertosono 8.850 (Delapan Ribu Delapan Ratus Lima Puluh) Kg, sehingga totalnya 50.775 (Lima Puluh Ribu Tujuh Ratus Tujuh Puluh Lima) Kg.

Plt. Bupati Nganjuk Dr. Drs. Marhaen Djumadi, S.E., S.H., M.M., MBA mengungkapkan tujuan utama operasi pasar adalah untuk menstabilkan harga beras menjelang puasa Ramadan dan menghindari spekulan pedagang dengan cara memanfaatkan momen ini guna memperoleh keuntungan pribadi.

“Jika Inflasi terlalu tinggi maka yang terjadi adalah kepanikan masyarakat sehingga dapat menggoncang kestabilan ekonomi yang sudah mulai membaik sesudah pandemi,” ungkap Marhaen.

Sementara itu Kapolres Nganjuk AKBP Muhammad, S.H., S.I.K., M.Si., menyatakan kesiapannya untuk mengawal kegiatan operasi pasar dengan menurunkan tim khusus Satgas Pangan untuk memantau perkembangan secara real di lapangan.

“Setelah ini Satgas Pangan akan memantau perkembangan situasi, saya berharap kepada masyarakat untuk tidak melakukan aksi borong apalagi penimbunan, Jika masih ada yang membandel kami akan tindak tegas demi menjaga situasi tetap kondusif,” pungkas AKBP Muhammad. (acha)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here