Gus Muhdlor : Koperasi Jangan Dijadikan Alat untuk Kebutuhan Konsumtif Semata

0
266

Sidoarjo, IP.News – Indonesia pos.news- Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor Ali mengajak anggota Koperasi Pegawai Republik Indonesia (KPRI) Lumbung Guru Bestari Kecamatan Taman agar pinjaman yang diperoleh tidak untuk bersifat konsumtif semata.

“Saya meminta kepada anggota koperasi agar manfaatkan pinjaman sebagai modal yang dapat menjadikan pasif income atau sekedar untuk gaya hidup yang konsumtif,” pintanya saat menghadiri Rapat Anggota Tahunan (RAT) KPRI Lumbung Guru Bestari Kec. Taman pada Selasa (27/02/2024) di Hall The Sun Hotel Sidoarjo.

Dikatakan Gus Muhdlor, sapaan akrab Bupati muda tersebut, bahwa dengan memanfaatkan hutang pada jalur yang benar atau yang bersifat pasif income maka akan mampu meningkatkan ekonomi keluarga.

“Berapapun jumlah kenaikan gaji, jika berbanding tegak lurus dengan kenaikan gaya hidup maka hasilnya akan sia-sia,” jelasnya.

Selain itu, Gus Muhdlor juga berpesan pada moment rapat ini agar menjadi wadah saran dan kritik yang bersifat membangun baik kepada pengurus dan pengawas sehingga masa depan koperasi dan anggota lebih cerah lagi.

“Jika sudah baik, selanjutnya jangan menyimpan uang terlalu lama karena nilai mata uang makin lama akan semakin menurun, untuk tumbuh kembangnya dengan memutar keuangan anggota seperti dengan investasi, untuk kesejahteraan anggotanya juga,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua Koperasi Lumbung Guru Taman, Edy Wuryanto, menyampaikan KPRI Lumpung Guru Bestari sebelumnya hanya beranggotakan Pegawai lingkungan Cabang Dinas Pendidikan Taman serta para pegawai yang sudah purna Tugas.

“Namun, kini anggota terus meningkat, mulai dari ASN, P3K, Honorer Daerah serta Purna Tugas yang bertugas di Cabang Dinas Pendidikan Taman atau Korwil Taman,” ucapnya.

Edy memaparkan unit usaha koperasi antara lain Unit Simpan Pinjam, selain itu koperasi membantu anggota dalam pelayanan pembayaran rekening listrik maupun PDAM yang bisa dibayarkan pada bulan berikutnya tanpa ada beban jasa apapun.

“Intinya, KPRI Lumbung Guru Bestari ini selalu berusaha mensejahterakan dan membahagiakan anggotanya,” pungkasnya.

Sekedar informasi, KPRI Lumbung Guru Bestari merupakan salah satu Koperasi berkualitas terbaik di Kabupaten Sidoarjo yang memiliki anggota sebanyak 607 anggota, 205 orang yang sudah purna tugas dan 402 orang yang masih merupakan pegawai aktif baik ASN, P3K maupun Honorer Daerah.

Turut hadir dalam acara tersebut, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab.Sidoarjo Dr. Tirto Adi, M.Pd, Kadin Koperasi dan Usaha Mikro Moh. Edi Kurniadi, ST, MM, Ketua Dekopinda Fatchur Rozi, SE, kepala DPPKA Chusnul Inayah, SE , Camat Taman Yuni Rusmawati, Camat Sidoarjo Gundari serta Kepala Cab. Bank Jatim. (Met/Bas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here