Peresmian laboratorium Kesehatan Daerah Kabupaten Sidoarjo.

0
139

Sidoarjo, IP.News – Bupati Sidoarjo Meresmikan Laboratorium Kesehatan Daerah yang di wakili oleh Pj. Sekda Kabupaten. Anjar Surjadianto.Turut hadir dalam acara itu Ketua DPRD Sidoarjo H. Usman , Forkopinda, forkopinka kecamatan Gedangan , pegawai kesehatan dan pengelola Rumah Sakit yang ada di kabupaten Sidoarjo bertempat di jalan A.Yani Gedangan. No 330, Selasa ( 6/2/2924).

Kepala Dinas Kesehatan Sidoarjo dr.Peni Apridawati menerangkan bahwa setiap daerah wajib mempunyai laboratorium kesehatan.guna mendukung pemerintah dalam melaksanakan amanat undang undang Kesehatan no 17 THN 2023 .Laboratorium Kesehatan ini di dukung oleh dr Arie dokter yang berpengalaman di bidangnya .

Dengan berdirinya laboratorium Kesehatan dapat mendukung kegiatan pemerintah untuk membantu menyehatkan masyarakat.

” Biasanya masyarakat kalau pergi ke rumah sakit dalam keadaan sakit tapi sekarang akan di usahakan kalau orang datang kerumah sakit dalam keadaan sehat karena ada laboratorium kesehatan Ini “. Ujarnya.

Dalam sambutanya Anjar mengatakan sebetulnya ini bukan merupakan peresmian tapi lebih tepatnya adalah tasyakuran untuk laboratorium Kesehatan Daerah kabupaten Sidoarjo,karena peresmiannya sudah dilakukan beberapa hari yang lalu di Rumah Sakit Umum Daerah sekaligus pereian gedung yang baru.

Mengapa dikatakan tasyakuran karena karena menurut takletnya biasanya ada sarapannya mumpung saya tadi belum sarapan kelakar PJ Sekda sambil tertawa di ikuti oleh para undangan.

” Harapan saya di resmikannya Laboratorium kesehatan ini bisa bermanfaat bagi kita Semua . Seperti yang di katakan Bu Kadis tadi tindakan pencegahan lebih baik dari pengobatan , dan yang lebih penting lagi bagi masyarakat yang bianya pergi ke Laboratorium jauh yaitu ke Surabaya sekarang ada di Sidoarjo biayanya juga lebih murah “. ujar Anjar.

Keberadaan laboratorium Kesehatan Daerah Kabupaten Sidoarjo baru berdiri dua tahun yang lalu tepatnya tahun 2021 peresmiannya tahun 2024 menurut Misad Kepala UPT Laboratorium Kesehatan, sebelumnya pemeriksaan kesehatan lingkungan seperti air bersih, air minum,dan air limbah di lakukan di Kabupaten Mojokerto dan Surabaya.

” Menurut keluhan dari teman teman di puskesmas dan Rumah sakit kami laporkan ke pimpinanterkait pelayanan kesehatan lingkungan sebaiknya Sidoarjo memiliki laboratorium kesehatan Daerah dengan dimilikinya Laboratorium petugas tidak jauh jauh untuk melakukan pemeriksaan cukup di Sidoarjo ngirit waktu dan menghemat uang artinya kalau keluar Sidoarjo butuh waktu yang lama dan butuh untuk transpor ,kalau di Sidoarjo lebih cepat karena dekan biaya transpornya lebih murah “. katanya. (Met/Bas).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here