Wabup Sidoarjo H. Subandi Sidak Rumah Tidak layak Huni dan Berikan Bantuan Bedah Rumah

0
282

Sidoarjo, IP.News – Wakil Bupati Sidoarjo H. Subandi, SH bersama anggota DPRD Sidoarjo H. Reza Ali Faizin melakukan Sidak terhadap rumah tak layak huni di Desa Bulang Kecamatan Prambon, Selasa(28/02/2023) siang.

Pemerintah Kabupaten Sidoarjo siap memberikan bantuan bedah rumah senilai Rp. 20 juta untuk pembangunan rumah milik Paidi (50) tahun warga asal Dusun Gempol Legi RT 02 RW 08 Desa Bulang. Bantuan tersebut diambilkan dari anggaran Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Sidoarjo.

Selain bantuan material, Paidi juga akan diberikan BPJS kesehatan kelas 3 oleh pemerintah Kabupaten Sidoarjo dan selanjutnya akan ditindak lanjuti oleh Dinas Sosial terkait pendataan KTP.

“Dalam bulan ini, bulan 3 segera akan ada pembangunan dan yang kedua tadi saya tanya apakah punya BPJS atau tidak, ternyata tidak mempunyai BPJS,” ujar Wabup H. Subandi

Paidi sangat senang karena sudah lama berkeinginan ingin memperbaiki rumahnya yang sering bocor saat musim penghujan tiba. Kondisi  itu karena semua sisi bangunan mulai atap, tembok luar maupun tembok dalam 100 persen terbuat dari anyaman bambu.

Namun, Paidi tidak mempunyai pilihan lain untuk tetap tinggal karena rumah itu merupakan warisan satu-satunya peninggalan dari orang tuanya yang sudah lama meninggal dunia. Uang gaji sebesar Rp. 70 ribu perhari dari bekerja sebagai buruh pabrik karton dirasa belum bisa cukup untuk disisakan sebagai tabungan renovasi rumah.

Paidi pemilik rumah mengaku sejak bercerai dari istrinya,ia hidup sendirian di rumahnya tanpa ditemani anak semata wayangnya karena memilih ikut bersama ibunya.

“Saya pernah mencoba menyisahkan hasil gaji kerja untuk keperluan renovasi tapi dibuat untuk kebutuhan keluarga dan habis lagi,” cerita Paidi.

Sidak dilanjutkan Wabup H. Subandi kerumah Suwandi warga masyarakat yang tidak mampu, di Dusun Kembangsore RT 2/RW 2 Desa Terungkulon Kecamatan Krian, Sidoarjo.

“Bedah rumah milik bapak Suwandi berukuran 4×8 m2 bangunannya yang hampir roboh akan segera kita laksanakan bersama Baznas Sidoarjo, kelengkapan administrasi segera teratasi oleh tim Baznas Kabupaten Sidoarjo, apabila kelengkapan administrasi sudah masuk kriteria segera kita rehab, bantuan sebesar 20 juta pun juga akan pasti segera diluncurkan,” ungkapnya.

Dalam kesempatan itu Wabup meminta Camat, Kades atau siapapun masyarakat dapat melaporkan ke Pemkab Sidoarjo bila menjumpai warga masyarakat yang membutuhkan uluran tangan agar segera dibantu.

“Kami sebagai wakil pimpinan daerah terus mensupport dan memberi dukungan warga masyarakat yang memerlukan bantuan,” pungkas Wabup H. Subandi (mas).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here