Kapolres Lumajang Bersama Forkopimda Pantau Pilkades Serentak Pastikan Aman Dan Kondusif

0
198

Lumajang, IP.News – Kapolres Lumajang AKBP Dr. Boy Jeckson Situmorang, SH, S.I.K, M.H, bersama Forkopimda memantau TPS di Balai Desa Tukum, Kecamatan Tekung, Kabupaten Lumajang guna memastikan kekondusifan Pilkades serentak, Rabu (27/9/2023).

Pengamanan Pilkades Serentak menjadi atensi khusus Polri untuk menciptakan situasi yang aman dan kondusif.

Kegiatan pengecekan TPS Pilkades Serentak di wilayah Kabupaten Lumajang dilaksanakan dalam rangka untuk memastikan situasi dan kondisi di sejumlah TPS dapat berjalan secara aman dan kondusif.

Tak hanya itu, tingkat partisipasi masyarakat dalam melakukan pencoblosan Pilkades juga menjadi perhatian Forkompinda Kabupaten Lumajang.

Sementara itu Pj. Bupati Lumajang Indah Wahyuni berharap pelaksanaan Pilkades Serentak dapat berjalan dengan aman, tertib dan kondusif

Saya bersama Forkompinda melakukan peninjauan terkait dengan pelaksanaan Pilkades di Desa Tukum, Kecamatan Tekung, Ujarnya.

Indah Wahyuni menyebutkan, jumlah pemilihan kepala desa yang ada di Desa Tukum ini kurang lebih sebanyak 6.700 orang.

Antusiasme masyarakat untuk memilih kepala desanya cukup baik, kata dia kepada sejumlah awak media di Balai Desa Tukum

Pj. Bupati berharap, mudah-mudahan sampai akhir pelaksanaan dan perhitungan suara bisa berjalan lancar dan tidak ada kendala.

Saya mohon kepada calon kepala desa, siapapun yang terpilih itu harus bisa menjaga kondusifitas desa. Siapapun yang terpilih harus bisa merangkul calon tidak terpilih, terangnya.

Indah Wahyuni juga berharap para kepala desa yang terpilih nantinya dapat bekerja untuk kemajuan desanya dan melayani masyarakatnya dengan baik.

Karena di dalam pemilihan pasti ada pemilih, kita harus saling berkoordinasi dan ini untuk kebaikan desa tukum sendiri dan juga untuk kabupaten Lumajang, Ujarnya.

Kapolres Lumajang AKBP Dr. Boy Jeckson Situmorang menyampaikan, untuk pelaksanaan Pilkades di Kabupaten Lumajang pihaknya menurunkan 480 personil gabungan terdiri dari TNI-Polri, dan Sat Pol PP.

Untuk pengamanan, kami mengerahkan 480 personil untuk melakukan pengamanan pilkades di 8 Desa dan 3 PAW, Ujarnya.

Boy menyebutkan, 480 personel itu akan dibagi dan akan ditempatkan disetiap TPS dan titik-titik rawan pada Pelaksanaan Pilkades

Kami juga menurunkan sekitar 60 personil BKO Brimob Polda Jatim (2 SST), Kodim, Satpol PP dan elemen lain turut membantu menjaga pemilihan kepala desa agar Kondusif dan aman, Ungkapnya.

Menurut Kapolres, Ada dua kategori sangat rawan, tapi sejauh ini bisa dikatakan semua berjalan kondusif.

“Mudah-mudahan sampai penghitungan nanti berjalan aman dan Kondusif. Anggota akan terus melakukan kondusifitas, dan menjaga kondusifitas sampai H+1 pasca pemilihan,” tegasnya. (N)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here