Pertama Kali Dalam Sejarah, JAMNAS BPD Seluruh Indonesia di Banyuwangi

0
1108

Banyuwangi.IP.News – Persatuan Anggota BPD Seluruh Indonesia menggelar Perhelatan Akbar Jambore Nasional BPD Seluruh Indonesia dan baru pertama kali diadakan dalam sejarah berdirinya BPD yang ditempatkan di Pantai Boom Marina Banyuwangi Provinsi Jawa Timur yang digelar selama dua hari,Sabtu-Minggu,(11-12 November 2023) dan dihadiri kurang lebih 1000 perwakilan BPD dari Seluruh Indonesia.

Dalam kegiatan Jambore Nasional tersebut diikuti oleh perwakilan BPD dari Seluruh Provinsi se-Indonesia diantaranya dari,Papua,Kalimantan, Maluku,Halmahera, Suawesi,Sumatera,Jawa Barat,Jawa Tengah,NTB,NTT,Bali dan Jawa Timur, semuanya berkumpul di Pantai Boom Marina Banyuwangi.

Acara Jambore Nasional BPD bertempat di Pantai Boom Marina Banyuwangi ini di buka langsung oleh Bapak BPD Indonesia,Ridwan Kamil dan dihadiri Kementrian Dalam Negeri,Kementrian Desa,Kepala DPMD Jawa Timur,Pengurus PABPDSI Pusat dan Daerah dan semua Forpimda Kabupaten Banyuwangi.

Ridwan Kamil Bapak BPD Indonesia menyampaikan dengan tegas,bahwa PABPDSI (Persatuan Anggota BPD Seluruh Indonesia) dalam waktu dekat akan menemui Presiden Republik Indonesia Joko Widodo di Jakarta.

“Sesuai dengan Aspirasi peserta Jambore Nasional BPD Seluruh Indonesia bertempat di Pantai Boom Marina Banyuwangi Provinsi Jawa Timur agar BPD bisa diperjuangkan menjadi Badan Perwakilan Desa,”tegasnya Ridwan Kamil.

Ketua Persatuan Anggota BPD Seluruh Indonesia Misnadi,SH.,MH menyampaikan ucapan terima kasih kepada jajaran pemerintah pusat dan daerah atas Dukungan Kegiatan Jambore Nasional BPD dan semua stake holder yang ada di Kabupaten Banyuwangi.

Misnadi,SH.,MH juga menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-setingginya kepada semua peserta yang berasal dari segenap Provinsi diluar Pulau Jawa yang sudah datang di Bumi Blambangan sebelum kegiatan JAMNAS BPD di mulai.

“Dengan Jambore Nasional BPD Seluruh Indonesia ini tentu sangat besar dampaknya bagi perekonomian dan pariwisata di Banyuwangi.Dengan jumlah peserta kurang lebih 1000 anggota BPD dari seluruh Provinsi se-Indonesia tentu akan menggeliatkan perekonomian bagi para pelaku pelaku UMKM dan Pariwisata di Bumi Blambangan ini,”tegas Misnadi.

Ketua Umum PABPDSI Jawa Timur Oetomo Sapto Amin,menyampaikan tahapan,maksud dan tujuan diadakannya kegiatan Jambore Nasional BPD di Pantai Boom Marina Kabupaten Banyuwangi.

Persatuan Anggota BPD Seluruh Indonesia,melalui Rapat Koordinasi Nasional BPD di Padang Sumatera Barat yang dihadiri oleh Kementrian Desa dan Kementrian Dalam Negeri Republik Indonesia menghasilkan keputusan tentang Peningkatan Kapasitas dan Kinerja Anggota BPD Seluruh Indonesia agar tahun 2023 JAMNAS BPD diagendakan di Banyuwangi Jawa Timur.

“Maksud Jambore Nasional BPD antara lain,berkontribusi terhadap Bangsa dan Negara dalam rangka mengembangkan Inovasi Desa Mandiri produktif,melaksanakan amanat keputusan Rapat Koordinasi Nasional BPD tahun 2022 di Padang Sumatera Barat,melakukan konsolidasi organisasi secara tertata,mandiri, demokratis dan paripurna,evaluasi Program Kerja secara berkala,sistematis dan berkelanjutan,membangun sinergitas organisasi dalam memperkuat peran anggota BPD di seluruh Indonesia,” papar Oetomo Sapto Amin.

“Tujuan Jambore Nasional BPD di Pantai Boom Marina Banyuwangi diantaranya,mendorong terealisasinya Kerjasama dengan Lembaga Negara dalam Peningkatan Kapasitas dan Kinerja Aparatur Pemerintah Desa, mengembangkan kesetaraan pembiasaan pola pikir,pola tindak atas tugas dan fungsi BPD Seluruh Indonesia,”jelasnya.(Irawan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here