TP PKK bekerjasama dengan Dinas Pangan dan Pertanian Sidoarjo menggelar lomba cipta menu

0
863

SIDOARJO, IP.News – upaya mendukung program Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA) Tim Penggerak (TP) Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Sidoarjo bekerjasama dengan Dinas Pangan dan Pertanian Sidoarjo menggelar lomba cipta menu berbahan non beras dan terigu.

Ketua TP PKK Sidoarjo, Sa’adah Ahmad Muhdlor mengatakan, dengan mengkonsumsi makanan yang berkualitas dan beragam akan dapat mengatasi masalah gizi ganda. Yakni kekurangan dan kelebihan gizi yang selama ini terjadi. Salah satu masalah kekurangan gizi yang saat ini tengah menjadi perhatian Pemkab Sidoarjo adalah stunting.

“Stunting ini disebabkan oleh faktor multidimensi dan tidak hanya disebabkan oleh faktor gizi buruk yang dialami oleh anak balita maupun remaja putri, tapi juga terhadap ibu hamil,” ucapnya.

Bagi Ning Sasha, sapaan akrabnya, keanekaragaman pangan juga mampu menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas.

“Dalam lomba ini, kami menekankan untuk pengolahan karbohidrat, tidak hanya berasal dari beras saja, tapi juga ada mbote, jagung, labu dan masih banyak lainnya yang perlu kita kenalkan kepada anak-anak,” ujarnya.

Karena itu, kata Ning Sasha, lomba Program B2SA tersebut ditujukan untuk mengajak masyarakat Sidoarjo agar lebih peduli akan gizi dan kesehatan keluarga. Adapun, setiap peserta diberi kesempatan untuk mengemukakan ide dan program kreatif yang dapat diterapkan dalam memperkuat gizi.

“Kami sangat senang melihat antusiasme masyarakat Sidoarjo dalam mengikuti lomba ini. Semoga ide-ide kreatif dari peserta dapat menginspirasi kita semua,” tambahnya.
Peserta lomba menampilkan beragam ide kreatif dan inovatif, mulai dari cara memanfaatkan lahan pekarangan untuk bertanam sayur hingga menciptakan hidangan khas berbahan pangan lokal dengan nilai gizi tinggi. Selain lomba kreasi masakan, para peserta juga mengikuti lomba vlog dan lomba yel-yel.

Lomba cipta menu: Juara 4 dengan nomor 12 Kecamatan candi juara dengan nomor urut 10 Kecamatan Taman ,juara 2 dengan nomor urut 05 Kecamatan Wonoayu juara 1 dengan nomor urut peserta 15 Kecamatan Sedati

Lomba vlok : Vlog terbaik 3 dengan nomeor peserta 11 Kecamatan Tulangan, blog terbaik 2 dengan nomor peserta 03 Kecamatan porong, blog terbaik 1 dengan nomor peserta 14 Kecamatan Sidoarjo

Lomba yel-yel: Lomba lomba terfavorit dengan nomor dengan nomor peserta 11 Kecamatan Tulangan, yel-yel terbaik 2 dengan nomor peserta 03 Kecamatan porong yel-yel terbaik 1 dengan nomor peserta 02 Kecamatan candi juara umum Kecamatan candi(. Tim).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here