Bunda Indah Mengharapkan Dengan Pelatihan Membatik Dapat Meningkatkan Daya Saing Baik Lokal Maupun Luar Daerah

0
931

Lumajang, IP.News – Wakil Bupati Lumajang Indah Amperawati (Bunda Indah) membuka kegiatan Pelatihan Teknis Produksi dan/atau Standarisasi Produk Industri Kecil Batik, bertempat di Alka Cafe Jalan Srikaya Kutorenon Kecamatan Sukodono Kabupaten Lumajang, Senin (17/7/2023) pagi.

Bunda Indah juga mengungkapkan, bahwa pelatihan tersebut merupakan upaya untuk menjadikan batik Kabupaten Lumajang mempunyai standar kualitas yang bagus sesuai dengan cara dan metode yang benar.

Bunda mengharapkan, dengan adanya pelatihan membatik bagi Pengrajin UMKM batik di Kabupaten Lumajang dapat memenuhi kebutuhan pasar batik di dalam maupun luar daerah.Juga harapannya pelatihan ini dapat meningkatkan daya saing produk batik dan lebih banyak dikenal masyarakat baik di Lumajang maupun luar daerah,” ungkap dia.

Lanjut dia, dengan pelatihan yang sudah diberikan, diharapkan di Kabupaten Lumajang banyak butik yang nantinya akan menjual kain batik Lumajang maupun nusantara.

” Saya berpesan kepada para peserta agar dimanfaatkan betul ilmu yang diberikan oleh pemateri, baik desain, cara membatik, maupun pewarnaannya agar mampu memproduksi batik dengan kualitas yang bagus sesuai penerapan ilmu yang didapat saat pelatihan,” pesannya.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Lumajang, Muhammad Ridha menjelaskan, bahwa kegiatan pelatihan tersebut akan dilaksanakan antara lain, tanggal 17 – 18 Juli 2023, 20 – 21 Juli 2023, dan 24 – 25 Juli 2023.

Ia juga menjelaskan, pelatihan tersebut menghadirkan narasumber (pemateri) dari salah satu desainer Indonesia yang terkemuka di Bali, yakni Ali Charisma.

Ketua dari Indonesian Fashion Designers Association (APPMI) yang menjadikan Indonesia sebagai negara penting di Asia dalam hal bisnis fashion bertaraf internasional, pungkasnya. (N)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here