Dukung Program Ketahanan Pangan, TP PKK Sidoarjo Gelar Sosialisasi Pemanfaatan Lahan Pekarangan Keluarga

0
228

Sidoarjo, IP.News – TP-PKK Kabupaten Sidoarjo melihat pentingnya ketahanan keluarga dimasa ini. Hal tersebut bercermin dari kondisi pandemi Covid19 beberapa lahun lalu. Banyak masyarakat yang tidak dapat memenuhi bahan pangannya sendiri. Mengantisipasi hal seperti itu, TP-PKK Kabupaten Sidoarjo menggelar sosialisasi pemanfaatan lahan pekarangan keluarga. Diharapkan lewat sosialisasi tersebut anggotanya dapat memenuhi kebutuhan pangannya secara mandiri.

Acara sosialisasi pemanfaatan lahan pekarangan keluarga yang dilaksanakan dikantor Kecamatan Gedangan tersebut dibuka langsung Ketua TP PKK Kabupaten Sidoarjo Hj. Sa’adah Muhdlor S. Hum, Selasa, (28/3/2023). Kegiatan itu dihadiri  Camat Gedangan serta perwakilan TP PKK desa Se-Kecamatan Gedangan. Dalam sosialisasi tersebut dihadirkan narasumber dari Dinas Pangan dan Pertanian Kabupaten Sidoarjo.

Kegiatan yang digagas oleh Pokja 3 TP-PKK Sidoarjo itu sendiri ini bertujuan untuk memperkenalkan kepada masyarakat tentang pentingnya ketahanan pangan dengan memanfaatkan lahan kosong yang ada di pekarangan rumah. Lahan kosong tersebut dapat dimanfaatkan untuk menanam berbagai jenis tanaman sebagai sumber bahan pangan keluarga. Beberapa metode penanaman yang dapat dipraktekkan adalah verti culture, wall garden, serta aquaphonic seperti yang sudah dipraktekkan oleh Puskesmas Tulangan.

Dalam sambutannya, Ketua TP PKK Kabupaten Sidoarjo Hj. Sa’adah Ahmad Muhdlor mengatakan acara ini didasari oleh program ketahanan pangan desa. Salah satu tujuannya untuk meningkatkan kemandirian masyarakat dalam memenuhi kebutuhan pangan keluarga. Ia ingat tentang kondisi beberapa tahun lalu ketika pandemi Covid19 melanda. Banyak warga yang kekurangan bahan pangan. Hal tersebut memperlihatkan betapa pentingnya program ketahanan pangan secara mandiri dimasa sekarang.

“Diharapkan kegiatan ini dapat membantu masyarakat untuk memanfaatkan lahan kosong yang ada di pekarangan rumah dan meningkatkan kemandirian pangan keluarga di wilayah Kabupaten Sidoarjo,”ucapnya.

Dalam sosialisasi kali ini juga diisi dengan praktek menanam langsung di lahan kosong yang ada di sekitar kantor Kecamatan Gedangan. (Met/Bas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here